Nasional

Sutiyoso: Sebagai Petahana, Peluang Anies Menang di Pilgub Jakarta 2024 Lebih Besar

Foto bersanding Sutiyoso dan Anies Baswedan: mantan gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007 dan 2017-2022/kredit foto Keuangan News

Nusantarakini.com, Jakarta –

Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso menyampaikan, langkah Anies Baswedan tepat jika maju pada Pemilihan Gubernur Daerah Khusus Jakarta (Pilgub DKJ) November 2024 mendatang. Dengan catatan, kalau calon presiden nomor urut 1 pada Pilpres 2024 kemarin itu bermaksud untuk maju lagi pada pemilihan presiden berikutnya.

“Kalau Anies mau running lagi di 2029 dia perlu panggung,” jelas Sutiyoso dikutip dari KBA News, Jakarta, Selasa, 28 Mei 2024.

Menurut tokoh senior yang akrab disapa Bang Yos ini, panggung terbaik bagi Anies untuk tetap mendapat perhatian masyarakat adalah dengan kembali menjadi gubernur Jakarta.

“Meski satu fungsi (Jakarta sebagai) ibu kota hilang, fungsi-fungsi yang lain masih jadi sumber berita,” ungkapnya.

Tokoh Betawi bersama warga Jakarta silaturahmi ke rumah Anies untuk meminta maju kembali memimpin Jakarta. (Istimewa)

Gubernur DKI  Jakarta periode 1997-2007 ini menilai, peluang Anies untuk memenangkan kontestasi Pilkada Jakarta 2024 sangat besar. Mengingat status Anies sebagai petahana.

“Di persaingan cagub Jakarta, dia incumbent. Peluang menangnya lebih besar,” tegas Bang Yos.

Sebagaimana diketahui, selain didorong masyarakat, sejumlah partai politik pun sudah menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan terutama dari tiga partai pendukungnya pada Pilpres 2024 lalu. Yaitu NasDem, PKS, dan PKB.

Bahkan Golkar dan PDIP tingkat Jakarta juga melirik Anies untuk dipasangkan dengan kader masing-masing. Golkar misalnya membuka peluang untuk memasangkan Anies dengan Ahmed Zaki Iskandar. Zaki merupakan Ketua Golkar Jakarta.

Sedangkan PDIP Jakarta mewacanakan untuk menduetkan Anies dengan kadernya, yaitu Praseyo Edi Marsudi yang kini menjabat Ketua DPRD DKI Jakarta.

Sementara Anies sejauh ini belum mengambil keputusan. Dia masih mempertimbangkan apakah akan maju atau tidak. Seperti disampaikannya saat merespons dukungan warga kepadanya ketika menghadiri acara silaturahmi dan halal bihalal dengan PKL dan warga kampung Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) di Kampung Marlina, Jakarta Utara pekan lalu.

“Saya ngomong sama bapak/ibu, memang saya mendapatkan undangan dari parpol-parpol, ditawarkan, diminta untuk dicalonkan jadi gubernur. Saat ini saya sedang mempertimbangkan. Apakah kembali atau tidak,” ujar Anies. [mc/kba]

*Sumber: KBA News.

Terpopuler

To Top