Nasional

Sejuta Lebih Peserta Ikuti Jalan Sehat Bersama AMIN: Terbesar dan Pertama di Luar Jawa

“Kehadiran satu juta masyarakat Sulsel adalah fakta bahwa masyarakat Sulsel menginginkan perubahan,” kata Anies Baswedan.

Nusantarakini.com, Makassar – 

Agenda Jalan Gembira Bersama Bakal Calon Presiden dan  Bakal Wakil Presiden (Bacapres-Bacapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) sukses digelar di Kota Makassar, Minggu 24 September 2023.

Jalan sehat ini merupakan kegiatan dengan jumlah terbesar dan pertama di luar Jawa. Dari pantauan di lapangan, peserta yang menyemarakkan acara ini tembus hingga sejuta lebih peserta. Kendati demikian, selain warga masyarakat umum, juga kader dan simpatisan 3 partai yakni NasDem, PKB dan PKS.

“Saya berterima kasih
kegiatan jalan gembira bersama pak Anies-Cak Imin sukses. Jumlah peserta tembus 1 juta lebih, ini luar biasa. Estimasi saya komunikasi sama Partai NasDem ditas 300 ribu, sedangkan PKS 100 ribu lebih dan PKB 100 ribu lebih. Selebihnya masyatakat umum dan relawan,” kata inisiator jalan Gembira, Tamsil Linrung, Makassar, Minggu (24/9/2023) seperti dikutip Rakyatsulsel.fajar.co.id.

Tamsil Linrung yang menjadi ketua panitia meyakini jumlah massa lebih dari satu juta.
“Kalkulasi sangat jelas, Nasdem, PKB, PKS dan Relawan totalnya lebih dari satu juta dan hari ini terlihat jelas di lapangkan,” jelasnya.

Lebih lanjut Tamsil memaparkan, massa yang hadir sebagai peserta kegiatan memadati sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan RA Kartini, Makassar, Sulawesi Selatan. Menurutnya, jumlah tiket pendaftaan kepesertaan yang terpakai mencapai 800.000 tiket. “Awalnya kita menargetkan 500.000 orang hadir. Namun ternyata mencapai 800.000 tiket peserta yang mendaftar. Namun dengan melihat lautan peserta seperti ini, jumlah peserta mungkin mencapai satu jutaan orang,” terang Tamsil Linrung di lokasi Jalan Gembira Anies-Muhaimin.

Massa yang hadir ini tidak hanya berasal dari warga Makassar, tetapi ada juga dari luar Makassar seperti Binrang, Sopeng, Enrekang, Maros, Pare Pare, dan sebagainya. Sebagian besar mereka sudah berada di Makassar sejak Sabtu, 23 September 2023.

“Saya dan keluarga menginap di sini (Makassar sejak Sabtu. Kebetulan ada saudara yang tinggal di Makassar,” kata salah satu peserta, Rizal Jalaluddin seperti dilansir SindoNews.com.

Sedangkan, Muhammad Ramli Rahim Ketua Umum Konfederasi Nasional Relawan Anies mengatakan, masyarakat Sulawesi Selatan membuktikan keinginan besarnya mendukung perubahan bersama Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.
“1 juta masyarakat Sulsel tumpah berjalan Gembira bersama Anies – Muhaimin,” ucap Ramli.

Menurutnya, tak ada sedikitpun aspal terlihat dari atas jembatan panggung di depan Monumen Mandala sepanjang jalan dipenuhi masyarakat Sulawesi Selatan.

“Parkiran Pelamonia dan area Monumen Mandala menjadi wadah menampung kelebihan massa,” tuturnya.

Dikatakan, sejujurnya sempat khawatir, meskipun kupon tersalur lebih satu juta tapi kami tetap khawatir karena tekanan sempat dirasakan.

“Tapi hari ini semuanya menghilangkan kekhawatiran itu dan kita sukses mencatat sejarah baru, satu juta massa jalan gembira,” kata Muhammad Ramli Rahim.

Lebih dari satu juta orang memadati sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Kartini, Jalan Chairul Anwar, Jalan Amanagappa hingga Jalan Ince Nurdin. Massa saat bergerak sangat lambat, bahkan nyaris tak bergerak.

Capres Anies Baswedan mengapresiasi kegiatan pagi ini. Menurutnya, sangat luar biasa dengan adanya situasi ini sehingga menggambarkan adanya keinginan perubahan.

“Kehadiran satu juta masyarakat Sulsel adalah fakta bahwa masyarakat Sulsel menginginkan perubahan,” kata Anies Baswedan.

Sedangkan, Muhaimin Iskandar yang merayakan ulang tahunnya ditengah-tengah massa masyarakat Sulawesi Selatan memuji masyarakat Sulsel

“Kita dilarang kampanye di Masjid tapi di Masjid-masjid kita selalu terdengar kata AMIN,” kata Muhaimin Iskandar. Demikian seperti dikutip dari Rakyatsulsel.fajar.co.id. Foto: Istimewa (Facebook Anies Baswedan). [mc]

Terpopuler

To Top