Pasca Kunjungan Anies, Aksi Bersih-bersih Kader Partai Nasdem di Taman Alun Kapuas dan Rumah Melayu Viral di Media Sosial

Nusantarakini.com, Pontianak –Aksi simpatik bersih-bersih lingkungan yang dilakukan kader Partai Nasdem di Taman Alun Kapuas viral di media sosial. Aksi memungut sampah tersebut dilakukan para kader Partai Nasdem pasca kegiatan “Senam Sehat Bersama Anies Baswedan” pada Sabtu 18 Februari 2023 kemarin.

Puluhan ribu masyarakat turut hadir pada kegiatan safari tersebut. Sehingga aksi sosial tersebut sukses digelar dengan jumlah masyarakat yang hadir sekitar 30 ribu orang.

Ketua DPW Petani Nasdem Kalbar, Hairul Mikrad mengatakan bahwa aksi kegiatan memungut sampah di sekitar Taman Alun Kapuas itu spontan dilakukan oleh para kader Partai Nasdem dan simpul Relawan Kamek Anies. Hal tersebut sebagai bentuk tanggung jawab dan turut menjaga kebersihan di salah satu ruang publik di Kota Pontianak.

“Kami sadar bahwa Taman Alun Kapuas merupakan milik publik bukan milik orang perorangan. Menjaga tetap bersih tentu juga tanggung jawab bersama,” ujar pria yang akrab dengan panggilan bang Dek itu kepada Nusantarakini.com, Pontianak, Kamis (23/2/2023).

Hairul juga tak menyangka bahwa kegiatan bersih-bersih itu menjadi viral setelah diunggah di sosial media.

“Kawan-kawan pengurus DPW Petani Nasdem dan simpul relawan Kamek Anies kita bekali kantong plastik hitam untuk digunakan bila memungut dan mengumpulkan sampah,” ujarnya.

Selain di kawasan Taman Alun Kapuas, Anies Baswedan juga menemui para relawan pendukungnya di Rumah Adat Melayu.

Sama dengan di Taman Alun Kapuas, para Relawan Kamek Anies dan Kader Partai Nasdem juga membersihkan pasca kegiatan selesai.

“Kawan-kawan dengan sukarela di setiap titik kegiatan seperti di Rumah Melayu dan Taman Alun-alun Kapuas dengan sendirinya mengambil serta mengumpulkan sampah-sampah itu,” ucapnya.

“Kita ingin memudahkan dan membantu kerja kawan-kawan dari petugas kebersihan,” pungkas Hairul. [mc]