Pesan Penting untuk Para Relawan

Nusantarakini.com, Jakarta –“Semangat relawan itu harus benar. Jangan bersemangat hanya untuk mendatangkan Mas Anies. Tapi memenangkan Mas Anies”. Itu pesan Pak Bestari Barus, politisi Nasdem, dalam acara Musyawarah Daerah FORKOM Antar Jaringan Relawan ABW se-Bogor Raya.

Pesan itu amat bermakna. Kita bisa mengartikan bahwa relawan ABW itu harus setia pada tujuan, yaitu memenangkan Anies Baswedan sebagai Presiden. Ada atau tidak ada kehadiran Mas Anies, diketahui atau tidak diketahui Mas Anies, kita semestinya terus bergerak untuk memenangkan hati warga agar memilih Mas Anies.

Karena tujuan kita memenangkan Anies maka kehadirannya jangan dijadikan faktor penentu bagi kegiatan-kegiatan kerelawanan kita. Apalagi “jika belum terkonfirmasi, jangan menjanjikan kehadiran ABW ke masyarakat. Jangan kita membuat warga masyarakat kecewa”. Itu pesan Pak Bestari yang kedua.

Anies Baswedan orangnya hanya satu, sementara undangan kepadanya untuk berkegiatan berjibun. Hari-harinya penuh dengan jadwal kegiatan dari menit ke menit. Maka jika kita ingin membantu Mas Anies, berilah ruang bernapas. Jangan paksa mas Anies datang ke acara kita dengan memasang pengumuman kehadiran beliau di spanduk dan pengumuman tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Jika seperti ini, kita bukannya membantu Mas Anies, tapi justru meletakkannya pada posisi sulit. Jika hadir, ada kegiatan lain yang sudah teragendakan sebelumnya. Jika tidak hadir masyarakat yang sudah berharap akan kecewa.

Yuk selalu ingat pada tujuan: memenangkan Anies, bukan menghadirkan Anies.

Catatan pagi dari teman kamu.

*Tatak Ujiyati, Inisiator FORKOM Antar Simpul Relawan ABW.