DKI Jakarta

Dorong Pemberdayaan UMKM, Bank DKI Siapkan Galeri JakPreneur


31 March 2022, 8:30
Bank DKI terus mendorong pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di DKI Jakarta
Dilihat   105

NUSANTARAKINI.COM- Bank Daerah Khusus Ibukota atau Bank DKI terus mendorong pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di DKI Jakarta, mengingat peranannya yang begitu besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Salah satu yang dilakukan yakni berkontribusi menyediakan fasilitas untuk pelaku UMKM berupa Galeri JakPreneur di Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

“Melalui fasilitas Galeri JakPreneur, para pegiat UMKM akan mendapatkan akses untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian dalam mengembangkan potensi usaha serta sebagai sarana promosi bagi produk-produk JakPreneur binaan dari enam Suku Dinas Kota Jakarta Timur,” kata Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, (29/3/2022) lalu.

Herry menuturkan, peluncuran Galeri JakPreneur Jakarta Timur ini merupakan kolaborasi antara Bank DKI dengan Pemprov DKI Jakarta dalam mengembangkan potensi inovasi produk dari pelaku UMKM di DKI Jakarta. Produk-produk yang masuk di galeri adalah hasil dari kurasi masing-masing binaan yang akan ditampikan secara bergantian.

“Hal itu dilakukan sebagai wujud dukungan pemerintah dan Bank DKI dalam membantu dan membangkitkan UMKM di masa pandemi covid-19, salah satunya dengan membantu dalam hal pemasaran,” jelasnya.

Bank DKI sebagai BUMD DKI Jakarta yang mendukung pengembangan UMKM, lanjutnya, juga menyediakan berbagai produk kredit dan pembiayaan seperti Monas 25 yang dapat dipergunakan sebagai fasilitas kredit untuk modal kerja dengan plafon kredit mulai dari Rp5 juta sampai dengan Rp25 juta.

“Kredit Monas Pemula juga dapat digunakan baik untuk modal kerja maupun investasi produktif dengan maksimal plafon kredit Rp10 juta,” ucapnya.

Per Desember 2021, Bank DKI telah menyalurkan kredit kepada 1.692 debitur UMKM JakPreneur di DKI Jakarta dengan total plafon kredit sebesar Rp16,8 miliar. Khusus wilayah Jakarta Timur, total debitur UMKM JakPreneur tercatat sebanyak 363 debitur dengan plafon kredit sebesar Rp3,7 miliar.

Herry mengungkapkan sebagai BUMD DKI Jakarta yang mendukung pengembangan sektor UMKM, Bank DKI menyediakan berbagai produk kredit dan pembiayaan untuk sektor UMKM yang juga dapat diakses melalui e-Form Mikro Loan untuk mengajukan permohonan kredit secara daring di mana saja dan kapan saja.

“Bank DKI juga turut mengajak pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya dengan menjadi agen melalui aplikasi JakOne Abank. Dengan menjadi agen JakOne Abank, para pelaku UMKM dapat melayani berbagai transaksi perbankan serta mendapatkan komisi dari setiap transaksi,” tutupnya.

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!