Politik

Sudirman Said: Saya Orang Desa, Gubernurnya Orang Desa

Nusantarakini.com, Jakarta –

Tekad Bakal calon Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said, yang meyakini bahwa garda terdepan dalam pembangunan nasional ada desa, dalam acara Jagong Ndeso antara Paguyuban Perangkat Desa (PPD) se-Kabupaten Jepara dengan Ketua Umum Parade Nusantara, Sudir Santoso di Jepara, Minggu 28 Januari 2018; berjanji akan memperhatikan pembangunan desa, termasuk pemberdayaan perangkat desa.

“Kalau desa-desa kuat insya Allah negara juga akan menjadi kuat,” kata Pak Dirman sapaan Sudirman seperti dikutip Viva.co.id, Jepara, Minggu (28/1/2018).

“Negara yang kuat terdiri dari kumpulan provinsi, kecamatan, kelurahan dan desa. Jadi sudah sewajarnyalah jika desa mendapat perhatian dari pemerintah, baik pusat maupun daerah. Karena desa adalah garda terdepan pembangunan bangsa,” tambahnya.

Mantan Menteri ESDM ini juga menjelaskan, jika dia terpilih akan memberdayakan desa dengan mengalokasikan dana bantuan desa yang lebih besar dari APBD. Dari data yang diperolehnya, Jawa Timur mengalokasikan dana bantuan untuk Rp85 juta per desa per tahun. Jawa Barat memberikan dana bantuan desa Rp100 juta per desa per tahun. Sementara Jawa Tengah, bantuan dana desa dari APBD 2017 hanya sekitar Rp30 juta per desa.

“Jika saya terpilih, saya akan lihat postur APBD Jateng. Bantuan provinsi untuk desa saya kira sangat mungkin untuk di tingkatkan,” ujar Surdirman penuh keyakinan.

Sudirman mengaku sangat prihatin dengan sejumlah kepala desa yang tersandung kasus hukum terkait dengan dana desa dari pemerintah pusat. Sebagian dari mereka, lanjut dia, tidak berniat melakukan korupsi. Tapi karena ketidaktahuan jadi terjerat kasus.

“Karena itu, jika jadi gubernur Jateng, saya akan menyisihkan anggaran untuk program pendampingan para kepala desa dalam kaitan dengan bagaimana pemanfaatan dana desa, mulai dari rencana penggunaan, pencatatan, hingga bagaimana menyusun laporan pertanggungjawabannya,” ucapnya.

“Saya sudah mengikrarkan diri akan menjadi gubernurnya orang miskin, gubernurnya orang desa. Saya sendiri lahir di desa. Jadi saya akan beri perhatian khusus untuk desa, naik masyarakat maupun perangkatnya,” janji Sudirman Said seperti dilansir Viva.co.id. [mc]

Terpopuler

To Top