Benarkah Ustadz Abdul Shomad HTI? Berikut Klarifikasinya

Nusantarakini.com, Jakarta –

Firman Allah dalam Al-Qur’an:

يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوْا أَنْ تُصِيْبُوْا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوْا عَلىَ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِيْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila datang kepada kalian orang fasiq dengan membawa berita (baik orangnya yang fasiq maupun substansi beritanya yang fasiq), maka PERIKSALAH DAN TABAYYUNLAH dahulu dengan teliti, agar kalian tidak menuduh suatu kaum dengan kebodohan lalu kalian menyesal akibat perbuatan yang telah kalian lakukan.”

(QS. Al Hujurat ayat 6).

Terkait video ceramah saya bertajuk khilafah islamiyyah & rahmatan lil alamin yang dipotong-potong oleh sejumlah fihak yang tak bertanggung jawab sehingga beberapa hari ini menjadi bahan perbincangan dan mengundang fitnah serta tuduhan keji kepada diri saya, maka saya mohon maaf jika klarifikasi ini terlambat saya berikan. Karena selama umroh, saya tidak membeli nomor baru Saudi Arabia dan tidak isi pulsa. Khawatir tergoda internet. hanya pakai wifi hotel saja.

1=> Saya bukan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan tidak pernah tercatat sebagai anggota resmi HTI. Video pertama itu bertempat di depan masjid raya An-Nur provinsi Riau. Dihadiri banyak tokoh lintas ormas dan semua memberikan orasi 5-10 menit. Saya diundang sebagai da’i dari luar HTI. Orasi saya seputar urgensi politik Islam. Sedangkan Video kedua yaitu di hotel Pangeran Pekanbaru. Dihadiri tokoh lintas ormas. Lagi-lagi saya di undang sebagai DA’I DILUAR HIZBUT TAHRIR INDONESIA (HTI).

2=> Isi tausiyah video 8 menit itu tentang politik Islam. Inti yang saya sampaikan adalah bahwa usia nabi dibagi tiga, yaitu:

40 tahun sebagai seorang dalam persiapan kenabian (belum memegang kekuasaan)

13 tahun di Makkah fase kenabian; tetapi lemah dan tertindas. Bilal Bin Rabah disiksa, Sumayyah wafat sebagai syahid, Shuhaib terusir. dll Radhiyallahu’anhum Ajma’in..

10 tahun di Madinah setelah memiliki kekuasaan. Barulah terwujud pemerataan keadilan dgn bahasa al-Qur’an: rahmatan lil’alamin.

3=> Fiqih Islam itu banyak aspek.
Ada fiqih/aspek ibadah, yaitu: sholat, zakat, puasa, haji, dll. Ada fiqih mu’amalah, yaitu: jual beli, gadai, hutang piutang, dll. Ada fiqih munakahat, yaitu: nikah, thalaq/cerai, zhihar, li’an, dll. Dan ada fiqih/aspek politik, yaitu: syarat pemimpin, dll. Nah, dalam membahas aspek politik Islam ini ulama menggunakan banyak istilah. Panjang lebar dibahas Imam al-Mawardi yang wafat pada tahun 450 H dalam kitabnya Al-Ahkamus Sulthaniyyah, begitu juga Syaikh Al-‘Allamah Yusuf Al-Qaradhawi dalam kitabnya Min Fiqhid Daulah, sampai Ustadz Sulaiman Rasjid dalam Fiqih Islam. Yang diantara macam-macam istilah yang digunakan mereka ialah:

– As-Siyasah as-Syar’iyyah
– Al-Imamah
– Al-Khilafah
– Ad-Daulah
– Yang dimaksud adalah aspek politik dalam Islam.

4=> Yang selalu saya sampaikan adalah pendapat moderat Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi dalam kitab ‘Min Fiqhid Daulah’. Bahwa ketika mencoblos maka itu adalah persaksian di hadapan Allah Ta’ala bahwa kita bersaksi memilih pemimpin dan wakil kita. Jangan lupa diantara dosa terbesar adalah kesaksian palsu.

5=> Dalam ilmu hadits ada yang disebut dengan al-Jam’u wat Taufiq (الجمع والتوفيق) yaitu mengkombinasikan dan mengkompromikan beberapa hadits tentang suatu masalah. Begitu juga hendaknya sikap kita menyikapi beberapa potongan video, tulisan, atau pernyataan dari seseorang agar dapat pemahaman yang utuh.

6=> Kata mereka, “Abdul Shomad menghina Nabi Muhammad”.

Walhamdulillah, saya adalah Alumni Darul Hadits yang belajar hadits-hadits Nabi. Dari tahun 2008 pulang ke Indonesia mengajar hadits. Di UIN mengampu mata kuliah hadits. na’udzubillah kalau saya menghina Rasulullah. Please deh !!

7=> Insya’ Allah saya dapat menjelaskan pada ikhwah sudaghe-sedulur-sederek-sedoyo-halak -hita-sasudena yang gagal faham. Tapi saya tidak akan pernah mampu memberikan penjelasan pada orang-orang yang memang mengambil kesempatan dengan gagal faham.

8=> Biasanya efek fitnah-fitnah begini orang makin simpati, lovers dan followers makin bertambah (walau saya tak mengharap itu). Saya sudah cukup ribet dengan popularitas ini. Ke mall saya terpaksa pakai topi pet. Itu pun ketauan juga. Di airport saya sering hampir ketinggalan pesawat gara-gara lovers minta photo. Jadi tolong, belilah paket 4 GB. Tonton video-video saya secara tuntas. Kalau gak faham, ya tanya.! Gitu aja kok repot…. [mc]

Semoga Allah Ta’ala selalu membimbing hati kita. Aamiin…..

*Abdul Shomad, Lc. MA.

Sumber : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1573483782697299&id=110169969028695