Internasional

Rakyat Rayakan Kedatangan Raja Salman Bak Rajanya Sendiri. Inilah Suasana Batin Rakyat

Nusantarakini.com, Jakarta –

Sungguh mengejutkan reaksi rakyat Indonesia terkait kunjungan Raja Arab Saudi yang tiba hari ini di Jakarta. Rakyat melakukan penyambutan sedemikian meriah dan spontan. Pertanyaan yang perlu diketahui, kenapa dan ada apa?

Hal ini terkait dengan rentetan peristiwa-peristiwa sebelumnya dimana rakyat mengalami perasaan dipinggirkan oleh pemerintahnya. Tentu terkait dengan masalah yang melingkupi kasus Ahok.

Dalam kasus Ahok diketahui, reaksi rakyat seolah tidak dihiraukan oleh pemerintah secara sepatutnya. Perasaan yang tidak dihiraukan dan dipinggirkan inilah yang mewarnai suasana kebatinan rakyat yang berduyun-duyun menyambut Raja Salman.

Seolah rakyat hendak mengadukan perasaan mereka. Apalagi sebelumnya, rakyat telah menangkap pesan dari kunjungan ini tidak sekedar kunjungan yang seremonial, tapi juga tepat dalam momen bersamaan dengan bergeliatnya rakyat memperjuangkan harga diri keislaman mereka.

Kendati suasana kebatinannya demikian, Presiden Jokowi dapat dihargai sebagai tuan rumah yang sangat elegan memperlakukan tamunya seperti yang diharapkan rakyat.

Presiden Jokowi secara spesial menyambut Raja Salman di bandara Halim Perdanakusuma dan Istana Bogor sekaligus.

Semoga kunjungan Raja Salman yang memiliki hubungan religius dengan rakyat Indonesia menjadi tonggak bangkitnya negara-negara Islam di pentas global. (sed)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top