Gaya Hidup

Fakta, Tanaman Mengalami Stres dalam Upaya Mempertahankan Hidupnya

NusantaraKini.com — Percaya atau tidak faktanya tanaman juga mengalami stres, peneliti mengungkapkan, bila tanaman stres maka ia akan mempertahankan diri.

“Tanaman telah menyesuaikan diri dengan mesin yang digunakan manusia untuk melihat guna mempertahankan diri dari patogen dan tekanan air,” kata Profesor Bioteknologi Tanaman, Jimmy Botella dari Plant Genetic Engineering Laboratory.

Penelitian yang dipimpin oleh University of North Carolina telah mempelajari keluarga protein-G pada Arabidopsis thaliana dari keluarga Brasscica, yang meliputi kubis.

Penelitian memperlihatkan protein-G telah mengalahkan manusia dalam hal evolusioner. Anggota “klasik” mesin protein-G pada tanaman mempertahankan peran mereka dalam perkembangan (seperti manusia), sedangkan anggota yang lebih baru dari keluarga protein-G telah mengkhususkan diri pada reaksi tekanan lingkungan hidup.

Fakta lain yang juga terungkap adalah perbedaan utama antara sebagian besar hewan dan tanaman, meskipun hewan dapat menghindari situasi stres dengan bergerak, kebanyakan tanaman tak tertahan di satu tempat dan perlu memiliki penyelesaian cerdik untuk bertahan hidup.(zar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top