Budaya

BARU. Sebuah Candi Lebih Besar Dari Borobudur Ditemukan Di Purworejo

Nusantarakini.com. Jawa Tengah. Bencana longsor yang melanda kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada pertengahan Juni 2016 lalu ternyata membawa hikmah tersendiri.

Akibat bencana alam tersebut lapisan tanah di sekitar Bukit Pajangan Dusun Makemdowo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo terkelupas. Dari bukit yang terkuaknya tersebut muncul susunan batu candi.

Susunan batu candi tersebut sangat unik. Susunan batu ini berbentuk potongan balok berukurang 1,5 meter hingga 3 meter. Susunan batu andesit tersebut tersusun berundak
dengan posisi horisontal dan miring.
Dan tersusun dengan sangat rapi
terhampar sepanjang 200 meter
dengan ketinggian sekitar 150 meter.

Sejauh ini temuan susunan batu ini masih dalam penelitian. Menurut tim peneliti dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, seandainya susunan batu tersebut betul-betul sebuah candi, maka diperkirakan ukurannya akan lebih besar dari Borobudur.

Selain itu, usia batuan dari susunan batu tersebut diduga lebih tua. Rektor UII Yogyakarta, Dr Ir Harsoyo, M.Sc berani memastikan bahwa tumpukan bebatuan di Bukit Pajangan, Dusun Makem Dowo RT 02 RW 06, Desa Sidomulyo Kecamatan Purworejo, adalah benar-benar candi. Bahkan menurutnya, usia candi itu lebih tua dibanding Candi Borobudur.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top