Nasional

Jelang Kedatangan Anies, Jarnas ABW Kalsel dan DPW NasDem Silahturahmi ke Ketua Kelompok Hadrah

NUSANTARAKINI.COM _ Jaringan Nasional (Jarnas) ABW Kalimantan Selatan bersama DPW Partai Nasional Demokrat (NasDem) bersilahturahmi dengan ketua-ketua kelompok Hadrah pada Kamis (2/2/2023).

Hadrah sendiri berisi salawat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai media penyiaran ajaran agama Islam.

Dalam kesenian ini tidak ada alat musik lain, kecuali rebana. Selain, media untuk menyebarkan ajaran agama Islam, hadrah juga sebagai media hiburan. Sebab, di dalam kesenian hadrah ini terdapat sebuah dorongan guna mengagungkan asma Allah dan Nabi Muhammad serta amar ma’ruf nahi munkar. Hal ini tampak terlihat dari syair-syair yang dilantunkan.

Saat ini, hadrah tidak hanya bernuansa seni, namun juga dikaitkan dengan masalah identitas. Sementara, di Kalimantan Selatan, dikenal juga dengan Sinoman Hadrah, yang biasanya dipentaskan untuk menyambut tamu yang dihormati. Dalam pertunjukkannya, Sinoman hadrah, menggunakan alat musik, seperti rebana, namun juga ada babun, ketipung, dantamborens. Namun, tidak hanya alat musik, namun juga perlengkapan lain, seperti bendera dan payung berhias.

“Insya Allah, ini akan menjadi hadrah terpanjang dalam penyambutan pak Anies Baswedan,” kata Hj Nana Maryam Agustina, Sekretaris Jarnas ABW Kalsel.

Dia menambahkan, Sinoman hadrah adalah tarian adat Banjar yang dibawakan secara atraktif.

“Penarinya pun menggunakan payung besar warna-warni, bak memberikan sambutan kepada tamu undangan raja. Serunya lagi, para penari akan menghentakkan kaki ke bumi sambil menggunakan payung dan melantunkan pujian bagi Nabi juga Rasul,” tambahnya.

Dia menegaskan, tariannya dipastikan bernafas Islami.

“Ini salah satu cara Jarnas ABW Kalsel untuk membantu NasDem menyambut kedatangan pak Anies ke Kalsel,” terangnya.

Anies direncanakan akan datang ke Kalimantan Selatan pada tanggal 15-16 Februari 2023.

Facebook Comments

Terpopuler

To Top