Nasional

AWAS.Kampanye Tim Winstar Bagi-Bagi Minuman Di Luwuk Malah Bisa Sebarkan Virus Corona


20 March 2020, 9:01
Dilihat   3.6K

 

Nusantarakini.com, Luwuk

Berbagai macam cara dilakukan paslon dan timses Pilkada untuk mencari simpati publik. Termasuk memanfaatkan isu wabah corona yang sedang terjadi di Indonesia dan seluruh dunia.

Hal ini pula yang dilakukan oleh paslon petahana Herwin Yatim-Mustar Labolo (Winstar) di kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Hari ini (20/3/2020) tim Winstar melakukan aksi pencegahan virus corona dengan cara membagi-bagikan minuman jahe di pinggir jalan sekitar kota Luwuk.

Tim Winstar yang terdiri dari ibu-ibu berbaju merah berteriak memangil-manggil pengendara motor dan angkot yang melintas di jalan. Nampak para pendara motor berhenti berkerumun di pinggir jalan dan meminum minuman jahe yang disajikan dengan gelas plastik.

Tim Winstar sedang membagikan minuman di pinggir jalan

Mungkin apa yang dilakukan oleh tim winstar ini bermaksud baik. Namun bila dilihat dari sisi kesehatan justru tidak baik. Menurut pandangan kesehatan, cara yang mereka lakukan justru bisa mempercepat penyebaran virus corona.

Pasalnya, pertama, pembagian minuman secara terbuka di pinggir jalan itu tidak higienis. Banyak debu dan virus yang bertebaran di jalan yang bisa masuk ke minuman gelas. Oleh sebab itu, aksi pembagian minuman itu justu menjadi kampanye minum yang kurang sehat.

Kedua, pencegahan virus corona, seperti dianjurkan oleh departemen kesehatan dan WHO, masyarakat harus melakukan social distances (penjarangan jarak antar sesama). Apa yang dilakukan aksi tim Winstar ini justru mengbaikan standar pencegahan wabah corona.

Para pengedara berkerumun di pinggir jalan

Aksi tim Winstar ini justru mengabaikan perintah Presiden Jokowi agar masyarakat bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Bila aksi tim Winstar ini benar-benar atas inisiatif Herwin Yatim, maka bisa dipastikan Bupati Banggai belum mengerti standar pencegahan virus corona. Lebih parah lagi, ini bisa memicu percepatan penyebaran wabah corona di Banggai.

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!