Politik

Survei: Wajah Baru Bakal Dominasi Anggota DPR RI Dapil Sulteng 2019


10 April 2019, 17:04
Dilihat   23.4K

Nusantarakini.com,Palu-

Menjelang hari H pemungutan suara banyak lembaga survei merilih hasil survei terbarunya. Setelah beberapa waktu lalu, Institut Survei Indonesia (ISI) mengeluarkan rilis hasil survei terbarunya, kini VoxPopuli juga merilis hasil survei terbarunya.

Berdasarkan hasil survei terbaru yang dirilis VoxPopuli menyebutkan bahwa kursi DPR RI 2019-2024 dari dapil Sulteng akan didominasi oleh wajah-wajah baru.

Hasil survei yang dilakukan pada ahir bulan Maret 2019 ini menunjukkan tingkat elektabilitas diraih oleh Amalya Murad (15.2%) dari partai Gerindra. Amalya Murad adalah seorang pengusaha dan sekaligus putri bungsu dari Murad Husain, tokoh masyarakat dari wilayah Banggai Raya. Kemungkinan besar Amalya akan menggusur Supratman Agtas, petahana anggota DPR RI dari partai Gerindra.

Diurutan kedua diraih oleh Caleg Golkar, Wisnu Wahyudi Pettalolo (11.4%). Elektabilitas Wisnu ini melampaui rekan sesama partai Golkar, Muhidin Said yang hanya meraih 1.5%. Wisnu adalah wajah baru dan seorang pengusaha, yang kemungkinan akan menggeser Muhidin Said dari kursi DPR RI dari Partai Golkar.

Diurutan ketiga diraih oleh Rusdi Mastura (11.3%). Mantan walikota dua periode ini akan menggusur petahana anggota DPR RI dari partai Nasdem, Ahmad Ali yang hanya meraih 6.7%. Rusdi Mastura ini adalah politisi Golkar yang meloncat ke partai Nasdem. Namun demikian, masyarakat disekitar Palu, Sigi dan Donggala nampaknya masih tetap mendukungnya. Sementara suara Ahmad Ali di wilayah basis, kini banyak tergerus oleh caleg-caleg lain.

Berikut hasil survei elektabilitas caleg DPR RI Dapil Sulteng: 1.Amalya Murad (14.2%), 2.Wisnu Wahyudin Pettalolo (11.4%), 3.Rusdi Mastura (11.3%), 4.Piet Inkiriwang (10.3%), 5.Anwar Hafid (9.1%), 6.Nurmawati Bantilan (8.1%), 7. Matindas J Rumambi (7.3%), 8.Supratman Agtas (6.9%), 9.Ahmad Ali (6.7%), 10.Rendy Lamadjido (3.9%), 11.Muhidin M.Said (1.5%), 12.Sarifudin Suding (1.5%), 13.Sakinah Aljufri (0.8%),14.Delis Julkarson (0.7%), 15. Caleg lain (2.3%), 16.Belum Memutuskan (3.4%)

Bila prediksi hasil survei ini tepat, maka tujuh kursi DPR RI 2019-2024 dari dapil Sulteng akan didominasi oleh wajah-wajah baru.

Faisal Ungke, peneliti dari FoxPopuli menjelaskan bahwa sebagian besar masyarakat Sulteng kecewa dengan anggota-anggota DPR RI sebelumnya. “Masyarakat Sulteng kecewa dengan wajah-wajah lama anggota DPR RI karena setelah terpilih mereka lupa”, papar Faisal Ungke.

Ungke menjelaskan bahwa survei FoxPopuli menggunakan metode sampling dengan margin error sebesar 2.5% dengan tingkat kepercayaan 95%. Survei ini mencakup seluruh kabupaten yang ada di Sulteng.

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu