Sejarah

Mau Tahu Fakta Sejarah Si Pitung? Ikuti Agenda Betawi Kita


23 November 2017, 13:35
Dilihat   5.8K

Nusantarakini.com, Jakarta –

Si Pitung, tokoh legenda di Tanah Betawi kembali menjadi perbicangan. Siapakah sebetulnya Si Pitung? Benarkah sosoknya begitu misterius, fakta atau mitos? Bagaimana jejaknya? Adakah bukti sejarahnya?

Berbagai versi cerita tentang Si Pitung beredar di sejumlah blog dan komentar di berbagai forum sosial media. Polemik, pro-kontra dan perbedaan pandang terjadi di kalangan pengamat dan sejarawan Betawi. Terutama saat membedah kebenaran cerita Si Pitung.

Hingga saat ini belum ada kajian sejarah yang serius untuk mengupas lebih jauh–secara akademis–tentang sosok Si Pitung, Robin Hood-nya orang Betawi. Karena itu, sangat menarik untuk disimak dan dikaji secara bersama. Setidaknya meracik khazanah Betawi yang tercecer ini.

Ada yang menyebut bahwa Pitung adalah singkatan dari “Pituan Pitulung,” tujuh pendekar alumni pesantren yang dididik oleh H. Napin, Kebon Pala, Tenabang, yang berjuang membela kaum lemah dari penindasan kaum kafir penjajah.

Dalam waktu dekat ini, Betawi Kita, sebuah komunitas pemuda Betawi dalam bidang literasi dan sejarah akan mengadakan Diskusi “Orang Betawi & Cerita Si Pitung” yang akan digelar pada hari Sabtu, 25 November 2017, pukul 14.00-17.00 WIB, bertempat di Gedung Balai Latihan Kesenian Jakarta Pusat (Jl. KH. Mas Mansyur No. 130 A (depan Stasiun Karet atau samping Kantor Kecamatan Tanah Abang).

Adapun narasumber yang hadir untuk menyampaikan pandangannya tentang Si Pitung, yakni: Iwan Mahmoed Al Fattah (Penulis Buku Pitung Pituan Pitulung) , Dr. Munawar Holil, S.S., M.Hum (Ketua Masyarakat Pernaskahan Nusantara/Filolog UI), dan GJ. Nawi (Penulis Buku Maen Pukulan, Pencak Silat Khas Betawi). Diskusi ini merupakan seri diskusi Betawi Kita yang ke-25.

“Diskusi ini bukan untuk mengundang atau mempertajam perdebatan sengit, Tapi lebih kepada menambah wawasan baru dan memperkaya khazanah cerita legendaris Si Pitung yang heroik itu. Diskusi ini mencoba mengurai sekaligus napak tilas jejak Si Pitung dengan beragam versinya,” kata Ketua Komunitas Betawi Kita Roni Adi Tenabang dalam keterangan tertulisnya kepada Nusantarakini.com, Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Penasaran kan? Ingin lebih jauh mengetahui sosok Si Pitung, Kenapa hingga saat ini belum dijadikan tokoh Pahlawan Nasional? Nah, datang deh ke acara Diskusi Betawi Kita. [mc]

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu