Tausiah

INILAH PEDOMAN PERGAULAN. Hikmah Berteman Dengan Berbagai Karakter


2 August 2017, 9:00
Dilihat   2.9K

Nusantarakini.com, Jakarta –

Kadangkala kita suka memilih-milih teman. Misalnya kita lebih suka berteman sesama satu ras, satu suku, satu kampus, satu daerah, satu organisasi, satu kantor, satu klub, dan sebagainya. Padahal, kehadiran setiap teman itu ada hikmahnya bagi hidup kita.

Marilah kita renungkan hal di bawah ini. Ini menjadi pegangan dan dasar bagi kita, untuk senantiasa bersikap terbuka untuk berteman dengan siapa pun, dengan latar belakang mana pun, dan dengan latar kelas sosial ekonomi mana pun. Sebab semua ada hikmahnya, semua ada maksudnya dari Allah bagi kehidupan kita. Tinggal bagaimana kita menyikapi dan memberi makna akan segala sifat dari teman yang kita jumpai dalam hidup kita itu. Jadi sekali lagi, tergantung kitanya sendiri, bukan tergantung orang yang hadir dalam hidup kita.

1. Ada TEMAN yang bersifat keras, sebetulnya dialah yang mendidik kita untuk berani dan bersikap tegas.

2. Ada TEMAN yang lembut, dialah yang mengajarkan kepada kita cinta dan kasih sayang terhadap sesama.

3. Ada TEMAN yang cuek dan masa bodoh, dialah sebetulnya yang membuat kita berpikir bagaimana agar kita bersikap perhatian terhadap orang lain.

4. Ada TEMAN yang tidak bisa dipercaya dan kata-katanya sulit dipegang kebenarannya, sebetulnya dialah yang membuat kita berpikir dan merasa betapa tidak enaknya dikhianati, maka belajarlah untuk menjadi orang yang dapat dipercaya.

5. Ada TEMAN yang jahat dan hanya memanfaatkan kebaikan orang lain, sebenarnya dia adalah orang yang membuat kita bertindak bagaimana bisa berbuat banyak kebaikan namun tetap waspada.

Setiap karakter manusia di atas akan selalu positif, baik dan mendidik kita (Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya).

Tanpa orang-orang seperti itu kita akan selalu terlena dalam zona nyaman dan tidak berkembang.

Bersyukurlah selalu dalam setiap keadaan dan terimalah setiap orang dalam hidup kita.

Karena Allah tidak pernah keliru mempertemukan kita dengan siapa pun, tinggal bagaimana cara kita menyikapinya.

Karena karakter orang seperti di atas tadi secara tidak langsung selain melatih kesabaran (Potensi Diri) kita, juga membuat kita semakin DEWASA dan BIJAKSANA.

Ketika ada orang bicara mengenai kita di belakang, itu adalah tanda bahwa kita sudah ada di depan mereka.

Saat orang bicara merendahkan diri kita, itu adalah tanda bahwa kita sudah berada di tempat yang lebih tinggi dari mereka.

Saat orang bicara dengan nada iri mengenai kita, itu adalah tanda bahwa kita sudah jauh lebih baik dari mereka.

Saat orang bicara buruk mengenai kita, padahal kita tidak pernah mengusik kehidupan mereka, itu adalah tanda bahwa kehidupan kita sebenarnya lebih indah dari mereka.

Payung tidak dapat menghentikan hujan, tapi payung membuat kita bisa berjalan menembus hujan untuk mencapai Tujuan.

Orang pintar bisa gagal, orang hebat bisa jatuh, tetapi orang yanh RENDAH HATI dan SABAR dalam segala hal akan selalu mendapat jalan untuk menempatkan diri dengan seimbang dalam hidup, karena kokoh pijakannya..!

So, mau apa lagi. Inilah pegangan hidup dalam pergaulan antar manusia. Camkanlah. Peganglah ini erat-erat. Supaya hidup kita sukses dan seimbang. (sed)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!