Jenderal Brewok

Nusantarakini.com, Jakarta –

Ada-ada saja memang tingkah kawan-kawannya rezim Jokowi yang membuat rakyat tertawa geli terguling-guling.

Tiba-tiba beredar gambar seorang laksana jenderal menginspeksi pasukan, lengkap dengan baretnya. Lihat punya lihat, rupanya “sang jenderal” adalah orang yang sudah lama dikenal penyuka atribut militer. Maklum dia kan anak tentara.

Cuman yang bikin seru ialah tampilannya mengombinasikan tiga identitas dalam satu tubuh.

Baret dengan brewoknya mengingatkan kita pada kamerad terkenal, Fidel Castro. Sayangnya hidung kurang mancung, badan terlalu gembrot untuk mengimbangi keanggunan tubuh jangkung Fidel Castro, karibnya mendiang Che Guevara.

Untuk soal brewok, sebetulnya Indonesia pernah punya jenderal brewok yang tiada duanya yaitu Jenderal Gatot Soebroto, ayah angkatnya Bob Hasan, raja hutan terkenal zaman Orba. Ketika orang yang bersangkutan ini muncul dengan seragam mirip militer, jadinya sudah ada dua orang “jenderal” brewok. Yang pertama jenderal asli, yang kedua jenderal mirip asli.

Tak ada salahnya, sih. Yang salah jika gaya-gayaan militer ini ada udang di balik bakwan. Matilah kita, bah, kata orang Medan.

Lalu pakaian jenderal kita yang satu ini agak unik juga. Pakaiannya longgar, pakai kantong di bawah, mengingatkan kita pada sosok Mao Tse Tung. Sayangnya Mao tidak pake brewok dan gaya kerah baju seperti yang dipakai.

Tapi ya bagaimana lagi, ini zamannya suka gaya-gayaan. Siapa saja boleh gaya, asal jangan ada udang di balik bakwan, lah.

Takutnya kita, tau-tau kawan sudah punya pasukan masing-masing yang siap dimobilisir untuk kepentingan pribadi, padahal judulnya bela negara atau pengawal partai. (ght)