Warkop-98

Siapakah Anies Baswedan? Berikut Informasinya!


28 July 2016, 9:40
Dilihat   4.5K

Nusantarakini.com, Jakarta-

Anies Adalah Masa Depan Indonesia

Sewaktu belajar di AS tahun 1990-an, saya dengan seksama mengikuti seorang aktivis UGM bernama Anies Baswedan. Orang tuanya, Pak Baswedan adalah tokoh pergerakan kemerdekaan, dan oomnya dr. Sam Hari Baswedan adalah kakak kelas saya dan aktivis di SMA 3 Yogyakarta.

Tahun 1994 kebetulan saya mendapatkan dana penelitian hibah bersaing dari Bank Dunia di PAU Ekonomi UGM. Segera saya merekrut para kader-kader muda mahasiawa FE UGM, dan Anies adalah salah satu diantatanya. Anies dikenal hobi diskusi, menulis, berdebat dan menganalisis masalah,

Anies berbakat jadi pemimpin tetapi tahu pendidikan akademiknya kurang, dia mencari bea siswa dan sekolah lanjutan. Anies mendapat bea siswa full bright yg pas-pasan tetapi belum dapat sekolah. Alhamdulillah saya mengantarkan dia sekolah S2 di University of Maryland, DC, AS, bidangnya ekonomi. Mulanya Anies keberatan karena bukan bidangnya dan sangat kuantitatif dan diajar oleh ekonometrisi kelas dunia, Prof Marc Nerlove. S3 nya dari Northern Illinois bidang politik dan demokrasi. Lengkaplah latar belakangnya, manajemen, ekonomi dan ekonomi-politik.

Pada waktu menjadi rektor Paramadina dan menggagas Indonesia mengajar, saya pernah menyampaikan kepada Anies, saatnya berkiprah di panggung politik nasional.

Ketika ditunjuk menjadi Mendikbud di pemerintahan Jokowi saya yakin dia akan berhasil. Tetapi saya tetap meragukan dia akan bertahan di pemerintahan, karena Anies akan menjadi kader serius menjadi Presiden 2019 jika di pusat pemerintahan. Saya dan keluarga sedih dengan kepergian Anies dari Kemendikbud. Semingggu yang lalu anak-anak saya sempat selfie dengan Anies dan berfoto dengan rekan-rekan eks asisten saya di perkawinan anak saya.

Mudah-mudahan Anies tetap tabah dan sabar menghadapi cobaan ini. Anda adalah pemimpin masa depan Indonesia bukan karena power yang anda miliki tetapi karena anda mampu menjadi inspirasi bagi jutaan anak-anak muda Indonesia…..tetap berkarya, kami bangga pada kiprah anda…..wass.

Mekah, 27 Juli 2016
Anggito Abimanyu

(*mc)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!