Politik

Elektabilitas Anies Tertinggi, Pakar Politik: Rakyat Jakarta Rindu Kepemimpinannya

Anies Baswedan saat diwawancarai awak media.(Facebook Anies Baswedan)

Warga Jakarta berharap Anies kembali memimpin karena mengetahui tidak ada yang bisa memperbaiki bangsa dan negara ini, terutama Jakarta dalam konteks ini, kecuali Gubernur Jakarta periode 2017-2022 tersebut.

Nusantarakini.com, Jakarta –

Anies Baswedan bertengger di posisi puncak dengan tingginya elektabilitas berdasarkan temuan sejumlah lembaga survei, seperti hasil Indikator Politik Indonesia yang mencapai 39,7 persen tidak mengagetkan. Bahkan sebenarnya tingkat keterpilihan bakal calon gubernur (bacagub) petahana itu jauh melampuai hasil sigi tersebut.

“Anies ini sebenarnya sudah tidak ada lawan lagi. Anies itu sudah menang, insyaAllah. Dipasangkan dengan siapa saja, Anies pasti akan menang. Karena masyarakat, warga Jakarta, merindukan kepemimpinan Anies,” ucap pengamat politik Dr. Legisan Samtafsir, dikutip dari KBA News, Jakarta, Rabu, 31 Juli 2024.

Menurutnya, warga Jakarta berharap Anies kembali memimpin karena mengetahui tidak ada yang bisa memperbaiki bangsa dan negara ini, terutama Jakarta dalam konteks ini, kecuali Gubernur Jakarta periode 2017-2022 tersebut.

Hal itu, kata Legisan, semakin terbukti dengan mencuatnya sejumlah peristiwa belakangan ini. Seperti adanya demo sopir Mikrotrans atau angkot Jaklingko di Balai Kota DKI Jakarta kemarin.

“Di zaman Anies tidak ada (demo) seperti itu,” terang doktor Ilmu Politik jebolan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

“Tidak usah jauh-jauh juga, di (kampus) UI dekat saya ini, kalau pagi itu sekarang bus listrik Transjakarta antreannya panjang luar biasa. Tidak pernah di zaman Anies seperti itu, lancar terus mereka jalan,” imbuhnya.

Konsultan Pilkada Bermartabat ini juga menyampaikan, warga Jakarta benar-benar sangat merasakan manfaat dari berbagai kebijakan Anies pada periode pertama lalu. Anies berhasil menyejahterakan masyarakat, mewujudkan kedamaian, dan menciptakan kerukunan antarumat beragama.

“Kepada anak-anak muda, Gen Z, Anies sudah memberikan prospek pendidikan yang cerah, pendidikan yang gratis, pembangunannya juga. Lihat tuh trotoarnya bagus, sanitasinya luar biasa. Jakarta telah menjadi kota kelas dunia di bawah Anies. Inilah yang membuat masyarakat rindu terhadap Anies,” bebernya.

Karena itu pula, sambung dia, partai-partai politik seakan berebut untuk mendukung Anies Baswedan. Dia juga berharap partai-partai politik menjadikan pilkada ini sebagai ajang untuk mencari pemimpin terbaik.

“Dan partai-partai itu jangan lagi melakukan cawe-cawe politik yang buruk terhadap pilkada. Pilkada itu harus berlangsung secara martabat,” pungkasnya.

Diketahui, survei terbaru Indikator Politik Indonesia yang dirilis pekan lalu Anies unggul dengan elektabilitas 39,7 persen, disusul Ahok 23,8 persen, dan Ridwan Kamil 13,1 persen dalam simulasi top of mind atau pilihan bebas kandidat gubernur yang diinginkan. Di luar tiga sosok itu, ada 21 tokoh lain yang elektabilitas seluruhnya di bawah 2 persen.

Survei Indikator Politik Indonesia ini digelar pada 18-26 Juni 2024 dengan wawancara tatap muka. Populasi survei merupakan semua warga negara Indonesia di Jakarta yang memiliki hak pilih.

Jumlah sampel mencapai 800 responden dengan penarikan sampel menggunakan teknik multi stage random sampling. Margin of error survei ini mencapai +- 3,5% dengan tingkat kepercayaan berada di angka 95%. [mc/kba]

Terpopuler

To Top