Politik

Pilgub Riau 2024: Antara SF Hariyanto dan Syamsuar, PKS akan Usung Siapa? Ini Peta Strategisnya

Ilustrasi Foto Pilkada Serentak 2024. Siapa akan Pimpin Riau? (Foto: Antara)

Apakah PKS akan memasangkan Syamsuar – Ustadz Mawardi Saleh atau justru akan mengusung SF Hariyanto yang namanya sudah terlanjut disebut sebagai salah satu kandidat yang dipanggil oleh DPP.

Nusantarakini.com, Pekanbaru –

Atmosfir politik Riau semakin memanas jelang pemilihan gubernur (Pilgub) serentak 2024. Nama SF Hariyanto disinyalir semakin menguat. Pria yang menjabat sebagai Pj Gubernur Riau ini digadang-gadang bakal maju dalam bursa Pilgub Riau 2024.

Meski sejauh ini memang belum ada partai yang resmi mengusung dirinya sebagai bakal calon gubernur Riau, namun kalau melihat track record dan jaringanya yang luas bukan tidak mungkin partai-partai besar bakal bermanuver dan berbalik mendukung SF Hariyanto.

Sejauh ini Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara terbuka sudah memanggil SF Hariyanto sebagai salah satu dari beberapa calon yang bakal diusung oleh PKS dalam Pilgub Riau 2024 mendatang. Padahal SF Hariyanto tidak ikut mendaftar dalam penjaringan di partai berlambang padi dan bulat sabit ini.

“Yang jelas semua calon sudah dipanggil. Tinggal menunggu keputusan, harusnya hari ini tapi ditunda. Semua calon yang diusulkan termasuk pak SF Hariyanto sudah dipanggil minggu lalu,” kata Ketua Penjaringan Pilkada DPW PKS Riau Markarius Anwar, Pekanbaru, Rabu (10/7/2024), dikutip dari SelarasRiau.com.

PKS cukup seksi untuk dilirik bagi pasangan calon yang ingin maju di Pilgub Riau 2024, pasalnya partai besutan Ahmad Syaikhu ini punya 10 kursi di DPRD Riau. Artinya pasangan calon yang diusung oleh partai ini hanya tinggal mencari tambahan 3 kursi lagi. Sebab syarat minimal kursi untuk mengusung satu pasangan calon di Pilgub Riau adalah 13 kursi.

Namun yang tak kalah menarik, PKS sebenarnya sudah lama diintai oleh Syamsuar. Mantan Gubernur Riau ini sangat ingin berkoalisi dengan PKS dengan menggandeng ulama Riau, Ustadz Mawardi Saleh sebagai wakilnya. Sebab Golkar yang sudah memberikan mandat kepada Syamsuar hanya memiliki 10 kursi. Sehingga harus berkoalisi dengan partai lain untuk mencukupi syarat minimal 13 kursi.

Jadi tidak berlebihan rasanya jika publik di Riau sangat menunggu-nunggu pengumuman resmi siapa yang bakal diusung oleh PKS dalam Pilgub Riau. Apakah PKS akan memasangkan Syamsuar – Ustadz Mawardi Saleh atau justru akan mengusung SF Hariyanto yang namanya sudah terlanjut disebut sebagai salah satu kandidat yang dipanggil oleh DPP.

“Khusus Riau masih di-pending, minggu depan kemungkinan. Karena biasanya setiap hari Rabu,” kata Markarius Anwar menjawab pertanyaan media terkait kapan PKS akan mengumumkan calon gubernur Riau yang akan diusung dalam Pilkada serentak November 2024 mendatang. [mc/mf/***]
Sumber: SelarasRiau.com.

Terpopuler

To Top