Politik

Pakar Nilai Ridwan Kamil Enggan Duet dengan Kaesang, Condong Maju di Pilgub Jabar

Ridwan Kamil dan Anies Baswedan ber-selfie ria. (Foto: Facebook Anies Baswedan)

“Posisi sebagai calon petahana itu akan menguntungkan posisinya serta memperkuat kans kemenangannya.”

Nusantarakini.com, Jakarta –

Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia Ray Rangkuti menilai Ridwan Kamil (RK) enggan dipasangkan dengan Kaesang Pangarep jika maju di Pilkada Jakarta 2024.

Ray menduga RK juga membaca situasi dan merasa akan kehilangan basis pemilihnya jika berpasangan dengan Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu.

“Si Ridwan Kamil juga pintar, dia baca dulu siapa yang milih dia di Jakarta kalau pasangannya Kaesang,” kata Ray dalam diskusi bertajuk Membongkar Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme di Jakarta, Rabu (26/6) dikutip CNN Indonesia.

Ray mengungkapkan terdapat sejumlah basis pemilih di Jakarta, yakni pemilih Islamis yang cenderung memilih Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Lalu, basis nasionalis yang dekat dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dan kelompok ketiga adalah kaum intelektual yang jelas-jelas mereka semua adalah anti-nepotisme dan anti-dinasti.

Ray juga menyebut partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) kini masih mengalkulasi kans kemenangan jika mendukung Kaesang di Pilkada Jakarta 2024.

“Koalisi Indonesia Maju juga tak menunjukkan sikap yang tegas untuk mendukung Kaesang nanti,” tegasnya.

Dengan begitu, Ray pun menilai RK condong untuk maju kembali di Pilkada Jawa Barat.

“Posisi sebagai calon petahana itu akan menguntungkan posisinya serta memperkuat kans kemenangannya,” pungkasnya. [mc/mnf/isn)

*Sumber: CNN Indonesia.

Terpopuler

To Top