Politik

Begini Respons Anies ketika Resmi Diusung PKS sebagai Cagub di Pilgub Jakarta 2024

Calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Tangkapan Layar Instagram Anies Baswedan)

Nusantarakini.com, Jakarta –

Calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan merespon pengumuman Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu bahwa partainya akan mengusung Anies sebagai bakal calon gubernur Jakarta yang berpasangan dengan Sohibul Iman sebagai calon wakil gubernur Jakarta.

Usai pengusungan tersebut, Anies Baswedan mengucapkan terima kasih atas sikap PKS yang kembali memilih dan memercayainya untuk menjadi calon gubernur Jakarta. Dirinya menyambut baik kepercayaan dan berjuang bersama.

“Terima kasih atas sikap @pk_sejahtera yang disampaikan oleh Presiden PKS, Bapak Ahmad Syaikhu. Kami menyambut dengan amat gembira komitmen PKS untuk kembali berjuang bersama-sama,” ucap Anies dalam video diunggah di akun instagramnya, Jakarta, Rabu, 26 Juni 2024.

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini menuturkan saat ini dirinya tidak berada di Indonesia. Nanti ketika tiba di Tanah Air, lanjut Anies, bakal bertemu dengan PKS untuk membicarakan langkah ke depan Jakarta.

“Saya saat ini sedang dalam perjalanan, karena itu izinkan menyampaikan rekaman ini. InsyaAllah sekembalinya ke Tanah Air, kami akan segera berkomunikasi dengan pimpinan PKS untuk membahas langkah-langkah lebih jauh untuk tindak lanjut ke depan. Begitu juga dengan pimpinan pimpinan partai yang lain,” tuturnya.

Anies juga mengungkapkan bahwa dirinya dengan PKS sudah lama berjuang bersama-sama di Jakarta maupun tingkat nasional pada Pilpres 2024 kemarin.

“Kita sudah berjuang bersama-sama di Jakarta, maupun di tingkat nasional bersama PKS. InsyaAllah kita berjuang bersama-sama ke depan,” ucapnya.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini juga berharap bakal terus berjuang bersama untuk Jakarta lebih baik ke depan dan bahagia warganya. Anies menuturkan setelah PKB dan PKS, dia berharap ada partai-partai lain yang bakal bergabung untuk pilkada.

“Alhamdulillah sesudah PKB dan PKS, InsyaAllah akan ada partai-partai lain yang mau berjuang bersama untuk mengembalikan Jakarta menjadi kota yang maju kotanya, bahagia warganya. Salam takzim untuk seluruh keluarga besar PKS,” tutur Anies.

Diberitakan sebelumnya, Dewan Pimpinan Tingkat Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memutuskan mengusung pasangan Anies Baswedan sebagai bakal calon Gubernur dan Mohamad Sohibul Iman sebagai pasangan bakal calon wakil gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta tahun 2024.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menuturkan telah menerima usulan beberapa nama bakal calon Gubernur Jakarta ke DPP PKS, termasuk diantaranya Anies Rasyid Baswedan dan Mohamad Sohibul Iman.

“Kami meyakini pasangan Anies-Sohibul Iman, ada yang sudah mereka-reka juga singkatannya. AMAN katanya. Nanti terserah lah apa namanya. Yang memiliki kualifikasi yang mumpuni, serasi dan bisa saling melengkapi untuk memimpin DKI Jakarta,” sambungnya.

Syaikhu menjelaskan tetap mengusung Anies Baswedan karena rekam jejaknya pada periode pertama sebagai Gubernur 2017-2022 sangat jelas. Berbagai prestasi disebut ditorehkan oleh Anies Baswedan.

Oleh karena itu, lanjut Syaikhu, DPP PKS mempertimbangkan usulan dari DPW PKS DKI Jakarta juga mendengarkan dari berbagai masukan para tokoh, ulama, habib, tokoh-tokoh lintas agama yang datang ke DPP PKS para cendekiawan serta masyarakat DKI Jakarta.

Maka Dewan Pimpinan Pusat (DPTP) PKS menggelar rapat pada Kamis, 20 Juni 2024 untuk memutuskan mengusung mantan Gubernur Jakarta sebagai bakal calon gubernur dan bapak Mohammad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur.

“Bapak Anies Rasyid Baswedan sukses menjadi gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 dengan berbagai torehan prestasi di berbagai sektor pembangunan. Berhasil memajukan kota serta membahagiakan warganya,” ujarnya.

“Sementara Bapak Sohibul Iman seorang teknokrat juga cendekiawan yang pernah menjadi Rektor Univesitas Paramadina,” tambahnya.

Syaikhu menuturkan bahwa pasangan tersebut sama-sama memiliki rekam jejak yang jelas. Memiliki kredibilitas dan memiliki kapasitas serta peluang menangnya probability to win-nya besar. [mc/kba]

Terpopuler

To Top