Politik

Ahmad Syaikhu dan Surya Paloh Hasilkan Kesepakatan di Pilgub Jakarta 2024

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh bersalaman dengan Presiden PKS, Ahmad Syaikhu. (Sumber: Media Indonesia)

“Alhamdulillah diterima dengan penuh kehangatan dan dapat sinyal positif untuk membangun kerja sama di Pilkada DKI Jakarta “

Nusantarakini.com, Jakarta –

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengaku sempat bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Pertemuan ini menghasilkan sinyal positif PKS kembali menjalin kerja sama dengan Partai NasDem di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

“Saya terus membangun komunikasi politik dengan Partai NasDem, khususnya saya sengaja bersilaturahmi dengan Pak Surya Paloh. Alhamdulillah diterima dengan penuh kehangatan dan dapat sinyal positif untuk membangun kerja sama di Pilkada DKI Jakarta,” kata Syaikhu dalam Pembukaan Sekolah Kepemimpinan Partai DPP PKS dikutip dari laman YouTube PKS TV, Selasa, (25/6).

Syaikhu mengatakan kerja sama politik itu dijalin juga dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Komposisi kerja sama PKS, NasDem, dan PKB sejatinya telah terjalin di Pilpres 2024 dalam perahu Koalisi Perubahan.

Sementara, Syaikhu mengaku belum berkomunikasi dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Karena  Cak Imin tengah bertugas ke Arab Saudi menjadi Ketua Tim Pengawas Haji DPR.

“InsyaAllah ini akan kita akan lakukan, setelah ini kita akan berkomunikasi bersilaturahim dengan PKB juga. Mudah-mudahan bisa kita bersatu dalam mengusung kepemimpinan di DKI Jakarta ini,” ucap Syaikhu.

PKS menyadari bahwa belum mampu mengusung sendiri di Pilgub Jakarta. Gabungan partai politik (parpol) dibutuhkan untuk mengusung figur (Anies Baswedan).

“PKS menyadari tidak bisa sendirian mengusung calon di pilkada. Karena jumlah kursi kita yang dimiliki belum memenuhi suarat untuk mencalonkan sendiri baru 18 syarat pencalonan 22. Jadi masih kurang 4 kursi lagi,” jelas dia.

PKS resmi mengumumkan Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (cagub) dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur (cawagub) di Pilgub Jakarta. Sikap ini berubah karena PKS sempat mengumumkan Sohibul sebagai cagub.

“InsyaAllah kami optimistis sosok Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Mohamad Sohibul Iman adalah kandidat yang memiliki peluang besar untuk menang,” kata Syaikhu. [mc/Z-8]

*Sumber: MediaIndonesia.com.

Terpopuler

To Top