Peserta Musda Forkom Antar Simpul Relawan Anies Baswedan Banyumas-Cilacap Membeludak, Sekjen DPP Jarnas ABW Tegaskan 2 Tujuan Utama Musda. Apa Saja?

Nusantarakini.com, Banyumas –Ratusan peserta musyawarah daerah (Musda) simpul relawan Anies Baswedan (ABW) yang tergabung dalam Forum Komunikasi (Forkom) relawan Anies Baswedan Banyumas-Cilacap telah diselenggarakan hari ini, Minggu 19 Maret 2023, di Rumah Makan Pendopo Asri, Jatilawang, Banyumas.

Musda Forkom Relawan Anies Baswedan wilayah Dapil 8 Jateng, Banyumas-Cilacap ini dihadiri oleh simpul-simpul relawan ABW antara lain : Jarnas ABW Banyumas, ABClub Banyumas, Gethok Tular Banyumas, Laskar AMAN Banyumas, GBC Banyumas, Anies Cilacap, Satria, Sobat Cilacap, Humanis Cilacap, AFC Banyumas, Dewi Sri Banyumas, Jarnas ABW Cilacap, DPC Jarnas ABW Wangon, ABClub Cilacap, Semut Hitam, Satgas Anies, Macan NKRI, SKI, serta JaranMas.

Selain dihadiri lebih dari 300-an peserta, Musda Forkom Antar Simpul Relawan ABW Banyumas-Cilacap ini juga dihadiri oleh Ketua DPP Jarnas ABW Lukman Hakim Hasan, Ph.D, Sekjen DPP Jarnas ABW Dendi Susianto M.IP, DPP ABClub Didi Rachdiadi, DPW Jarnas ABW Jateng Bagian Selatan Anto Prawira, Ketua Forkom Banyumas Edo Damar Aji, serta Ketua Forkom Cilacap Dado.

Ketua Panitia Musda Khomsi, S.Ag menyampaikan, bahwa dirinya sempat khawatir akan kehadiran peserta bisa memenuhi target 250 orang. Karena beberapa hari menjelang kegiatan musda, yang konfirmasi hadir hanya 60 orang.

“Kami sempat ketar-ketir karena saat H-5 pelaksanaan musda, yang konfirmasi bisa hadir baru 60 orang. Kami sempat kalang kabut juga, dan berusaha nelpon semua kontak Simpul-simpul relawan Banyumas-Cilacap. Akhirnya pas hari H alhamdulilah yang hadir melampaui target 250. Bahkan yang hadir lebih dari 300 peserta. Terbukti ruangan dengan kapasitas 300 orang juga full, dan membeludak sampai ke ruangan samping,” jelas Khomsi kepada Nusantarakini.com, Banyumas, Minggu (19/3/2023).

Jumlah simpul relawan yang hadir, lanjut dia, ada sekitar 22 simpul relawan, 14 simpul dari Banyumas dan 8 simpul dari Cilacap. Sedangkan dari partai pendukung Anies Baswedan, dihadiri oleh Partai NasDem, Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

“Alhamdulillah, jumlah simpul relawan yang ikut hadir dalam Musda Forkom ini juga cukup banyak, ada 22 simpul. 14 dari Banyumas, dan 8 simpul relawan dari Cilacap,” ucap Khomsi.

“Dari partai pendukung yang hadir juga lengkap ya, ada semua, dari Nasdem, Demokrat, PKS dan Partai Ummat. Bahkan alhamdulillah bacaleg DPR PKS Dapil 8 Jateng yang juga Dewan Pembina Relawan ABW turut hadir dan menyemangati dengan sambutannya,” sambung Ketua DPD Jarnas ABW Banyumas ini.

Lebih lanjut Khomsi menyampaikan, dengan tagline Musda, “Satukan Tekad, Kuatkan Barisan, Menangkan Pemilu 2024 Menuju Perubahan Indonesia Baru,” dirinya merasa yakin dengan kekompakan antar simpul relawan dan juga kolaborasi dengan partai-partai pendukung, bisa mengantar sukses ABW menuju kursi RI-1.

“Dengan kekompakan kami yakin bisa menang. Kami juga bertekad akan membuat program kerja yang menyentuh masyarakat bawah, termasuk dalam pengenalan sosialisasi di grass root,” pungkasnya.

Sementara itu, Tim Monitoring dan Evaluasi DPW Jarnas ABW Jateng, Anto Prawira, ikut mengamini apa yang disampaikan Ketua Panitia Musda. Secara spesifik, kata dia, peserta Musda sangat antusias dan semangat. Juga terlihat sangat kompak dengan semangat perubahan yang dicita-citakan.

“Apresiasi banget ya, luar biasa, sangat kompak,” ucap Anto.

Anto juga menjelaskan, dalam Musda Forkom Antar Relawan ABW Banyumas-Cilacap ini telah mendiskusikan dan merumuskan strategi serta pola kolaborasi, bersinergi, berkomunikasi, bertukar informasi. Juga pola menyatukan gerak langkah semua simpul relawan.

“Sehingga terwujud situasi kondusif, selaras, harmonis, damai, dan sukses memenangkan pemilu 2024 dan menjadikan mas Anies Presiden 2024,” jelasnya.

Terkait agenda pembahasan sidang komisi, Anto memaparkan, bahwa dalam Musda ini bertujuan membentuk Komite Forkom dalam 3 komisi. Yaitu komisi 1, komisi 2 dan komisi 3.

“Pertama, komisi/komite forkom yang membidangi pemenangan dan kampanye. Kedua, komite forkom bidang pengawasan dan pengamanan. Dan ketiga, komite Forkom bidang urusan eksternal,” terang Anto.

Sementara itu, Sekjen DPP Jarnas ABW Dendi Susianto, M.IP, dalam paparannya di depan peserta musda menegaskan, bahwa pada intinya Musda mempunyai 2 tujuan utama. Pertama, kata dia, melakukan konsolidasi antar simpul relawan untuk memenangkan Pilpres 2024. Kemudian yang kedua, sinergi dan kolaborasi antar simpul relawan dengan partai-partai pendukung.

“Karena tujuan kita tidak hanya memenangkan mas Anies menjadi Presiden, tetapi juga memenangkan pileg partai pengusung mas Anies,” tegas Dendi.

“Jadi ini harus seiring dan paralel. Sekali mendayung 2-3 pulau terlampau. Sehingga supaya ketika mas Anies menang dan jadi presiden, Partai-partai pengusung juga menang. Dan kita akan kuat dalam pemerintahan karena kuat di eksekutif dan legislatif,” pungkasnya.

Selain itu, dalam paparannya, Dendi juga memberikan praktek simulasi dan menjelaskan perihal program kerja pembentukan posko relawan. Yaitu pada acara muscab yang akan diadakan di setiap DPD. [mc]