Gaspol! Dalam Waktu 2 Hari, 5 DPD Jarnas Sriwijaya Sumsel Dideklarasikan

NUSANTARAKINI.COM _ DPW Jarnas (Jaringan Nasional) Sriwijaya Sumatera Selatan baru saja menggelar deklarasi dan pelantikan. Acara itu digelar dua hari berturut-turut pada Sabtu dan Minggu (18-19 Maret 2023.

Di hari Sabtu, deklasi dan pelantikan empat Kabupaten/Kota sekaligus, yakni DPD Jarnas Sriwijaya Sumsel Kota Pagar Alam, DPD Jarnas Sriwijaya Sumsel Kabupaten Lahat, DPD Jarnas Sriwijaya Sumsel Kabupaten Muara Enim, dan DPD Jarnas Sriwijaya Sumsel Kabupaten Empat Lawang yang dilaksanakan di Pagar Alam. Keesokannya, deklarasi dan pelantikan DPD Jarnas Sriwijaya Sumsel Kabupaten Ogan Ilir.

Pada acara tersebut, perwakilan dari DPP Jarnas ABW, Apriansyah dan M. Shodiq turut hadir.

Ketua DPW Jarnas Sriwijaya Sumatera Selatan, Ir. H. Rumian Hurairi memberikan pesan kepada pengurus dan relawan yang baru dilantik. Dia mengatakan, jika ingin perubahan ke arah lebih baik, haruslah dimulai dari diri sendiri.

“Ingin merubah bangsa pun demikian. Semuanya harus dimulai dari diri sendiri, kita harus berubah untuk lebih baik untuk dapat mengajak orang untuk berbuat baik juga,” katanya pada Senin (20/3/203).

Rumian pun melafalkan surah Al Imron ayat 104:

Waltakum minkum ummatuny yad’uuna ilal khairi wa yaamuruuna bilma ‘ruufi wa yanhawna ‘anil munkar; wa ulaaa’ika humul muflihuun

Artinya: Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

“Jadi sebagai relawan kita harus baik dan santun. Konsisten dengan apa yang kita ucapkan dengan perbuatan,” ucap Rumian.

Dia kemudian, memberikan contoh sebagaimana Nabi Muhammad yang diutus ke muka bumi ini untuk menyempurnakan akhlak agar manusia itu berakhlak, bermoral, beretika, dan beradab.

“Kita dapat menemukan sosok pemimpin yang berakhlak, bermoral, santun, konsisten, dan konsekuen di diri pak Anies Baswedan, bakal calon presiden Republik Indonesia 2024-2029. Apabila di lapangan nanti dihujatcaci maki, apalagi di medsos (media sosial) tentang berita hoax itu, janganlah dibalas dengan sama,” lanjutnya.

Namun, Rumian menyampaikan, justru jawab dengan menyertakan bukti kebenaran.

“Hoax jangan dibalas dengan hoax. Keburukan tidak perlu balas dengan keburukan,” tambahnya.

Para relawan pun menjawab dengan tegas, “Siap, laksanakan!”

Bulan Ramadhan kini hanya tinggal menghitung hari. Namun, Jarnas Sriwijaya Sumsel tetap akan tetap beraktivitas.

Rencananya, DPW Jarnas Sriwijaya Sumsel akan bersilahturahmi dengan para relawan DPD. Entah itu berkunjung ke daerah-daerah atau mengundang mereka ke Palembang. Kemungkinan, kegiatan buka bersama.

“Kita juga akan membentuk DPD-DPD yang belum terbentuk. Bahkan, direncanakan di bulan Ramadhan juga ada beberapa DPD yang akan dilantik juga,” lanjut Rumian.

Menurutnya, relawan itu tidak boleh ada jeda untuk terus sosialisasi.

“Kalau jeda, dikhawatirkan ada hal yang tidak kita sangka-sangka terjadi. Begitu lalai, musuh masuk, makanya kita harus tetap siaga,” terangnya.

Berikut ini susunan Ketua, Sekretaris, dan Bendahara yang baru dilantik oleh DPW Jarnas Sriwijaya Sumatera Selatan.

Sabtu, 18 Maret 2023 di Pagar Alam

1. DPD Jarnas Sriwijaya Sumatera Selatan Kota Pagar Alam

Ketua: Ruslan Abdul Gani

Sekretaris: Rati Purnama Sari

Bendahara: Mirzal

2. DPD Jarnas Sriwijaya Sumatera Selatan Kabupaten Lahat

Ketua: Sujoko Bagus, SH., MH.

Sekretaris: Herman Hamzah, SH., MH.

Bendahara: Pasten Hard SH.

3. DPD Jarnas Sriwijaya Sumatera Selatan Kabupaten Muara Enim

Ketua: Ustadz Azhari, M.Pd.

Sekretaris: Edy Andriasman, SP.

Bendahara: Ustadz Khoirol

4. DPD Jarnas Sriwijaya Sumatera Selatan Kabupaten Empat Lawang

Ketua: Harsi Damra

Sekretaris: Indra Gunawan

Bendahara: Sahrin Effendi

Minggu, 19 Maret 2023 di Indralaya Ogan Ilir

5. DPD Jarnas Sriwijaya Sumatera Seatan Ogan Ilir

Ketua: Suhaimi HM

Sekretaris: Andi Odang

Bendahara: Irian Yasin