Nasional

Pecah Juga! Jarnas Jambi Akhirnya Punya Sekretariat


19 January 2023, 21:52
Sekretariat DPW Jarnas Jambi Kawasan Mayang, Kota Jambi
Dilihat   140

NUSANTARAKINI.COM _ Setelah menungggu sekian lama, akhirnya DPW Jaringan Nasional (Jarnas) ABW Jambi punya sekretariat sebagai pusat aktivitasnya. Sekretariat yang berlokasi di Jalan Ir.Juanda, Lorong Tegalsari, Mayang – Kota Jambi ini mulai dioperasikasn sejak pekan kedua Januari 2023.

Sekretariat ini memiliki beberapa fasilitas di antaranya adalah ruang tamu, ruang pertemuan, mushola, kamar mandi/wc, dan area parkir. Sementara, untuk pantry dan fasilitas lainnya masih menginduk ke pemilik rumah, yakni H. Rusli Ibrahim, yang juga sebagai Dewan Penasehat DPW Jarnas ABW Jambi.

Dengan adanya sekretariat ini, Ketua DPW Jarnas ABW Jambi, Muhammad Agus Widiyanto mengatakan, maka rapat-rapat rutin, pertemuan pengurus, terima tamu dan lain-lain tidak lagi dilakukan secara berpindah-pindah dari kediaman pengurus dan relawan.

“Sekretariat ini sudah digunakan untuk rapat-rapat rutin Jarnas dan memfasilitas FGD yang diadakan Forkom Antar Simpul Relawan Anies Baswedan Provinsi Jambi. Dengan adanya sekretariat ini,  standar ideal dari simpul relawan Anies satu persatu terpenuhi,” kata Agus pada Kamis (19/1/2023).

Sementara, dia menjelaskan, pengertian Standar sendiri adalah spesifikasi atau patokan pelayanan secara minimal yang digunakan sebagai acuan pelayanan bagi penyelenggaraan pelayanan, pelaksana, dan sarana prasarana.

“Sedangkan, tujuan standarnya agar dapat memenuhi ukuran-ukuran kuantitatif dan kualitatif, serta spesifikasi tehnis keberadaan dan kegiatannya. Sebagai ukuran bagi kelayakan suatu simpul Jaringan tingkat provinsi,” tambahnya.

Agus menerangkan, berdasarkan regulasi standarisasi yang ideal dari simpul relawan, ada beberapa hal yang wajib dipenuhi, yaitu:

1. Standar kelembagaan, terdiri atas kelengkapan identitas dan legalitas,

2. Standar organisasi dan manajemen, terdiri atas kelengkapan tata laksana dan tata kelola organisasi,

3. Standar program, terdiri atas pengelolaan program dan innovasi / pengembangan pelayanan,

4.  Standar sumber daya, terdiri atas : a. Kelengkapan sarana dan prasarana; b. kelengkapan sumber daya manusia; dan c. kelengkapan sumber dana, dan

5. Standar kemitraan, mencakup ruang lingkup, fokus, dan mekanisme jejaring.

Sekretariat ini dianggap sebagai Komponen Standar Kelengkapan Sarana dan Prasarana.

“Sekretariat Jarnas menempati bangunan yang permanen. Alamat jelas dengan ada nama jalan, RT/RW/nomor, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Kodepos,” terang Agus.

Menurutnya, sekretariat DPW Jaringan Nasional (Jarnas) ABW Jambi jauh dari kata ideal karena masih ada fasilitas yang belum tersedia.

Meski demikian, Agus mengungkapkan rasa syukurnya.

“Dengan sekretariat yang sudah ada ini, sangat kita syukuri dan dimaksimalkan secara fungsional,” ujarnya.

 

 

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!