Nasional

Asal-Usul Penyematan Kata ‘Sriwijaya’ di Jarnas Sriwijaya Sumatera Selatan


16 January 2023, 18:00
Deklarasi DPW Jarnas Sriwijaya Sumatera Selatan
Dilihat   139

NUSANTARAKINI.COM _ Sumatera Selatan dikenal sebagai Bumi Sriwijaya. Di abad ke-7 hingga ke-12 Masehi, wilayah ini menjadi pusat kerajaan Sriwijaya yang terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara.

Saking hebatnya, gaung dan pengaruhnya bahkan mencapai Madagaskar, Benua Afrika. Mengingat begitu hebatnya kerajaan tersebut, membuat sayap dari Jaringan Nasional (Jarnas) ABW menamakan dirinya dengan Jarnas Sriwijaya Sumatera Selatan, ungkap Ketua DPW Jarnas Sriwijaya Sumatera Selatan, Ir. H. Rumian Hurairi.

Pria yang akrab disapa Rumian ini menjelaskan, Jarnas Sriwijaya Sumsel telah dideklarasikan sejak 27 Juli 2022.

Dia membeberkan, DPW Jarnas Sriwijaya Sumatera Selatan memiliki beragam program. Diantaranya, program 100 kita dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2022 dengan mengadakan upacara sendiri.

“Inspektur upacaranya saya sendiri sebagai Ketua DPW Jarnas Sriwijaya, kemudian komandan upacaranya dari pengurus sendiri. Sedangkan, pesertanya dari ormas, masyarakat, dan komunitas senam,” kata Rumian pada Senin (16/1/2023).

Kegiatan lainnya adalah menyosialisasiakan Anies Baswedan kepada kubu sebelah dengan membagi-bagikan tabloid KBA.

“Saya ajak komunitas sepeda santai, saya bagi-bagikan tabloid KBA itu kepada masyarakat di jalan,” tambahnya.

Dalam menyambut purna tugas Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta, pada tanggal 16 Oktober silam, Jarnas Sriwijaya Sumatera Selatan juga mengadakan kegiatan dengan tema Indonesia Memanggil.

“Saya ambil salah satu kegiatan dengan mengadakan kegiatan keagamaan dalam rangka Maulid Nabi SAW. Di situ saya panggil ustadz dan saya juga memberi sambutan,” ungkapnya.

Selain itu, Rumian menjelaskan, diadakan juga kopi darat (kopdar) dengan teman-teman maupun sesama relawan.

“Nanti kita juga akan mengadakan tabligh akbar dalam rangka memperingati Isra Miraj menjelang bulan Ramadhan, saya mau menghimpun dulu,” lanjutnya.

Dia menuturkan, terkadang, biaya menjadi kendala.

“Makanya, kita pikirkan dulu bagaimana kita bisa mengadakan acara besar dengan biaya yang kecil,” jelasnya.

 

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!