Nasional

FDS UI: Anies Baswedan Capres Terpopuler di Dunia Maya


2 January 2023, 23:06
Dilihat   117

Nusantarakini.com, Jakarta – 

Forum Diskusi Salemba Untuk Indonesia (FDS UI) Research and Constulting menyatakan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang paling popler di dunia maya. Kepopuleran Anies mengalahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Popularitas Anies ini cenderung konsisten dan terus meningkat sejak Juli 2022,” kata CEO FDS UI Research and Consulting, Rulli Nasrullah, Jumat, 30 Desember 2022.
FDS UI melakukan pemetaan percakapan publik di media sosial dan pemberitaan di media daring selama bulan September 2022. Berdasarkan pemetaan tersebut, bekas Gubernur DKI Jakarta itu disebut sebanyak 478.942 kali.
Anies mengunggul Ganjar Pranowo yang berada di posisi kedua dengan disebut sebanyak 264.545 kali. Menyusul Ganjar, ada Ketua DPR Puan Maharani dengan 174.435 mention, dan calon presiden yang diusung Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dengan 114.549 mention.
Dari keempat nama tersebut, tiga diantaranya merupakan tokoh yang disebut memiliki elektabilitas tinggi dari berbagai lembaga survei dalam setahun terakhir. Mereka adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Adapun Puan merupakan tokoh yang disebut-sebut akan menjadi capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).
Anies mendapatkan respon tertinggi
Rulli menjelaskan, kepopuleran Anies diiringi dengan tingginya interaksi warganet terhadap kandidat berupa like, share, comment, reply, selama September 2022. Dia menyebut Anies konsisten di peringkat pertama dengan 2.292.044 respon.
Kendati demikian, berbeda dengan popularitas, Rulli menyebut ihwal interaksi warganet peringkat keduanya diduduki oleh Puan Maharani dengan 1.121.443 respon. Menyusul Puan, ada Ganjar dengan 949.060 respon dan Prabowo dengan 420.035 respon.
“Interaksi berarti ada komunikasi dua arah antara kandidat dan warganet,” kata Rulli.
Anies Baswedan juga mendapatkan sentimen positif terbanyak
Sementara itu, hasil pemetaan FDS UI ihwal sentimen positif di media sosial dan pemberitaan di media daring menempatkan Anies Baswedan di posisi pertama sebesar 174.841. Selanjutnya, ada Ganjar dengan 97.819, Puan sebesar 56.442, dan Prabowo 53.284.
“Untuk sentimen positif, tertinggi diperoleh Anies. Hanya, untuk posisi kedua, diraih oleh Ganjar. Puan dan Prabowo membuntuti,” kata Rulli.
Pemetaan percakapan publik di media sosial dan pemberitaan di media daring digelar FDS UI Research and Consulting sejak Juli 2022. Data percakapan didapatkan dari unggahan publik pada berbagai kanal media, yakni Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, blog, serta kanal news atau portal pemberitaan di Indonesia.
Durasi penarikan data dilangsungkan sejak 1-30 September 2022. Seluruh aktivitas penarikan dan pengolahan data dilakukan dengan platform teknologi digital media monitoring Ripple 10.
Anies Baswedan merupakan capres yang sudah resmi diusung oleh Partai NasDem. Sumber: Tempo.co dan Portalislam123.blogspot.com [mc]
Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!