Nasional

Jarnas ABW Optimis Anies Bisa Kompetitif di Purworejo


22 December 2022, 0:55
Dilihat   121

Nusantarakini.com, Purworejo – 

Sejumlah lembaga survei menyebut Jawa Tengah menjadi ajang persaingan tiga sosok pada Pilpres 2024 mendatang. Ketiganya yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Relawan Anies Baswedan optimistis Bakal Calon Presiden yang diusung Partai NasDem Anies Baswedan bisa mendapatkan hasil positif pada Pilpres 2024. Salah satunya di Kabupaten Purworejo yang selama ini dikenal sebagai basis pendukung partai pemerintah.

Ketua Jaringan Relawan Nasional Anies Baswedan (Jarnas ABW) Purworejo Zusron mengatakan, selama ini Purworejo memang didominasi PDIP. Sejak reformasi, hasil Pileg  1999 PDIP meraih 17 kursi. Namun perolehan suaranya terus menurun.  Terakhir hasil Pileg 2019 mendapatkan 10 dari 45 kursi di DPRD Purworejo.

“Apakah itu jaminan Pilpres 2024 juga menjadi jaminan calon yang diusung partai itu juga menang? Belum tentu,” katanya seperti dilansir KBA News, Rabu, 21 Desember 2022.

Dia mengatakan, dalam Pilpres, sosok figur menjadi hal yang sangat penting. Sosok Anies Baswedan yang punya segudang prestasi menjadi pertimbangan tersendiri bagi warga untuk memilihnya. Selain intelektual yang dimiliki, sosok Anies yang lembut dan santun mendapat simpatik masyarakat.

Di sisi lain, di Purworejo sendiri banyak elemen masyarakat yang kecewa dengan pemerintah termasuk kinerja kepala daerah di Jawa Tengah, salah satu kalangan petani.

“Soal Wadas itu pengaruhnya sedikit. Tapi persoalan kelangkaaan pupuk ini dampaknya luar biasa. Banyak kalangan petani di Purworejo khususnya di bagian selatan, kecewa dengan Pak Gubernur,” jelasnya.

Zusron mengatakan, fakta lain juga menunjukkan partai mayoritas juga belum tentu menjadi pemenang kostestasi demokrasi pemilihan kepada daerah. “Selama empat periode ini, calon bupati yang diusung dari PDIP belum pernah menang. Pilkada terakhir yang menang calon yang diusung Partai Golkar dan Demokrat,” jelasnya.

Dia mengatakan, berdasarkan pengalaman dan kondisi faktual tersebur, Jarnas ABW optimistis Anies Baswedan bisa bersaing dengan calon lain. “Saya tidak mengatakan menang telak, tapi perolehan suara Anies Baswedan bisa kompetitif di Purworejo,” tegasnya. [kba/mc]

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!