Nasional

Perhatikan! Ciri-ciri Kolesterol Tinggi saat Ramadan

NUSANTARAKINI.COM-Makanan bersantan, gorengan, dan makanan manis yang tersaji saat puasa bisa picu kolesterol. Ciri-ciri kolesterol ini biasanya hadir akibat pola makan yang tidak sehat.

Kolesterol sebenarnya ada di setiap tubuh manusia. Namun, jika kolesterol dalam tubuh terlalu banyak bisa berdampak pada penyumbatan darah, penyakit jantung, dan hipertensi.

Selain, pola makan yang berantakan, jarang aktivitas fisik juga memicu kolesterol tinggi.

Dikutip dari detikhealth, Ahad 3 April 2022 berikut sejumlah ciri-ciri kolesterol tinggi?

1.Sering Sakit Kepala
Ciri-ciri kolesterol tinggi yang pertama adalah sering sakit kepala, sakit kepala juga akibat tekanan darah tinggi atau hipertensi.

2.Tengkuk dan bahu terasa pegal dan kaku
Akibat adanya penyempitan pembuluh darah arteri di dalam tubuh, hal ini menjadi tanda-tanda kolesterol tinggi. Penyumbatan arteri di sekitar dada juga bisa menyebabkan tengkuk terasa pegal.

3.Munculnya benjolan pada tendon persendian
Ciri-ciri kolesterol tinggi selanjutnya adalah munculnya benjolan pada tendon persendian atau biasanya muncul di dekat urat buku jari. Benjolan ini terjadi akibat penumpukan kolesterol berbulan-bulan.

4.Sering merasa lelah
Kolesterol yang tinggi di dalam tubuh bisa membuat berkurangnya aliran dalam ke tubuh. Sehingga, hal ini sering membuat pasiennya merasa lelah.

5. Sering merasa sesak napas
Ciri-ciri kolesterol yang terakhir adalah sering sesak napas dan sakit disekitar dada. Hati-hati, gejala ini sering terjadi oleh penderita riwayat penyakit jantung.

Terpopuler

To Top