Politik

LaNyalla Tegaskan DPD RI Menolak Penundaan Pemilu


28 March 2022, 21:28
Dilihat   107

NUSANTARAKINI.COM-Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menegaskan DPD RI berada pada posisi menolak penundaan pemilu atau perpanjangan masa jabatan presiden.

Hal tersebut disampaikan LaNyalla pada diskusi daring bertajuk “Kemunduran Demokrasi dan Resiliensi Masyarakat Sipil” yang dipantau di Jakarta, Senin (28/3/2022).

LaNyalla mengatakan bahwa masa jabatan presiden hanya 5 tahun dan maksimal dua periode. Bukan tiga atau empat periode.

Sedangkan pemilu adalah suatu mekanisme evaluasi yang diberikan kepada rakyat setiap 5 tahun sekali dan bukan 7 tahun atau 8 tahun.

“Ini prinsip. Meskipun kekompakan partai politik bisa mengubah konstitusi, prinsip ini adalah amanat kebangsaan,” katanya menegaskan.

Ia menyampaikan penolakan terhadap penundaan pemilu atau perpanjangan masa jabatan presiden dilakukan dengan menggunakan kerangka berpikir negarawan.

“Bahwa penolakan itu adalah prinsip yang dikehendaki bangsa ini,” katanya.

Pada kesempatan itu, LaNyalla juga mendorong kepada LP3ES sebagai sebuah lembaga riset nonpemerintah tertua di Indonesia untuk memiliki tanggung jawab moral dalam melihat permasalahan tersebut.

Ia menilai LP3ES sudah melahirkan banyak nama besar, kaum pemikir, dan cendekiawan Indonesia yang berwawasan kebangsaan serta berjiwa negarawan.”

Bangsa yang besar ini harus kita serahkan kepada negarawan yang memikirkan next generation,” katanya.

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!