Nasional


15 December 2021, 13:04
Dilihat   26

Nusantarakini.com, Jakarta – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) MPO menggelar pembukaan Training Politik Nasional (Trapolnas) di Hotel Horizon Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, Senin (13/12/21) malam. Kegiatan ini mengambil tema Ikhtiar dan Konsolidasi Politik HMI Menuju Indonesia Berkeadilan.

Ahmad Latupono selalu Ketua Umum PB HMI MPO Periode 2020-2022, mengungkapkan bahwa ditengah hiruk pikuk perpolitikan nasional, HMI mengambil peran sumbangsih pemikiran. Maka dari itu, lanjutnya, HMI melalui Trapolnas diharapkan mampu menghasilkan gagasan positif bagi negara.

“Bicara soal kemanusiaan dan HAM tentu HMI akan menerima itu sebagai aspirasi masyarakat, karena mereka bersosialisasi dan konsolidasi membangun ikatan yang tidak terlepas dari merah putih,” kata Ahmad Latupono dalam sambutannya.

Hadir pula Wakapolda Papua Brigjen Pol. Eko Rudi Sudarto, menyampaikan 3 konsep kehidupan yaitu habitus, arena dan kapital. Konsep habitus yaitu jadikanlah habitus sebagai pelajaran andaikan manusia sebagai gelas yang kosong, agar semua ilmu dapat masuk dan siap menghadapi apapun.

“Saya setuju jika kita semua harus tau politik, di semua struktur pasti ada politiknya contoh yang paling sederhana adalah terdapat politik di keluarga,” jelasnya.

Wakapolda Papua ini menjelaskan lagi konsep arena, HMI organisasi besar dan termasuk mempunyai struktur besar yang terdapat pengurus HMI yang disebut struktur kecil, serta struktur paling kecil adalah agen-agen atau rekan-rekan yang hadir sekarang.

Lanjutnya, yang terakhir yaitu konsep kapital, pihaknya selalu percaya diri walaupun salah tapi hal tersebut merupakan tanggung jawab. Kalau mampu mempertahankan argumen, sambungnya, maka paling tidak dapat dikatakan benar.

“Konsep kapital ekonomi adalah suatu materil yang terlihat, konsep kapital sosial adalah jaringan atau teman, kapital simbolik adalah sesuatu yang dapat ditampilkan seperti jabatan, logo dan lain sebagainya ada yang dapat dikejar ada pula yang datang sendiri serta konsep kapital yang paling saya sarankan untuk dikejar adalah kapital budaya yang berisi tentang pengetahuan dan skill,” jelasnya.

Pembukaan acara tersebut ditandai dengan pemukulan Tifa, Ketua Umum PB HMI MPO Ahmad Latuponi beserta para hadiri membela kegiatan tersebut secara resmi.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bapedda Provinsi Papua MB Setiyo Wahyudi, Asisten II Wailkota Jayapura, Nur Jainudin Konu, Rektor Universitas Yapis Papua Muhdi Ibrahim, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua H. Idrus Al-Hamid, Ketua HMI Badko Maluku Papua Raya Riski Ibrahim, PMII Cabang Jayapura, PMKRI Cabang Jayapura, BEM Universitas Cendrawasih, dan lain sebagainya.

Kegiatan tersebut akan berlangsung dari tanggal 13-17 Desember 2021 dan pesertanya berasal dari cabang se-Indonesia.

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!