Warkop-98

Djoko Edhi: Terima Kasih Banyak Raja Salman!

Nusantarakini.com, Jakarta-

Thank You Berat Yang Mulia King Salman

Oleh Djoko Edhi Abdurrahman (Mantan Anggota Komisi Hukum DPR-RI)

Catatan internasional menunjukkan bahwa Arab Saudi sedang bangkrut. Itu bukan saja karena harga minyak mentah yang terus menerus anjlog, juga karena Saudi harus membiayai perang melawan proxy sosialis dkk.

Terakhir beritanya, Saudi mengajukan pinjaman ke pasar internasional 87 miliar USD. Kurang jelas, apakah hutang itu diajukan pemerintah atau swasta Saudi. Sebab, Amerika serikat masih berutang 1.500 miliar kepada Saudi.

Sekonyong-konyong Raja Salman datang ke Asia Tenggara membawa 153 miliar untuk dibagi-bagi. Luar biasa.

Di Malaysia, Salman menegaskan, ia berada di belakang Islam. Dari situ harus dibaca muhibah Salman.

Karenanya saya salut.
Demi Islam, dalam keadaan bangkrut, Raja Salman masih mengalokasikan 25 miliar USD untuk Indonesia. Padahal hutang ke pasar Internasional cuma 87 miliar USD pakai rate.

Banyak yang mengklaim adalah jasa mereka maka Raja Salman hadir ke Indonesia. Saya lihat di televisi berlomba antara utusan khusus Presiden Jokowi dengan Dubes RI untuk Saudi. Entah mana yang benar.

Tapi saya yakin ada 20% andil mereka soal Indonesia. Sisanya 80% andil Bela Islam. Reasonnya, credential diajukan tiga kali. Tak ada jawaban. Jawaban Salman muncul 5 Januari 2017 dengan nota reciprocal caution. Itu tiga hari setelah Bela Islam II, 212. Pesan langsung diterima pula oleh Wakil Ketua DPR-RI Fachri Hamzah yang kemudian menyampaikan ke publik. Kloma

Blessing indisguise dari blasphemi Al Maidah 5. Thank you berat Bro Ahok. Agaknya Salman kaget melihat jutaan muslim mendemo Ahok di 411 dan 212. Yaitu, Salman adalah penghafal Al Qur-an, hafal Qur-an waktu berusia 10 tahun. Padahal di seluruh dunia, di negara modern, hanya di Indonesia jutaan orang berdemo semata blasphemi Al Qur-an. Karena latar belakangnya seperti itu, menurut saya, Al Qur-an yang menggerakkan Salman ke Indonesia. Bagi penghafal Al Qur-an, reason ini diterima, termasuk saya (karena pernah menjuarai musabaqoh tilawatil Qur-an waktu remaja).

Kesimpulannya, reciprocal itu lebih untuk apresiasi Bela Islam. Bukan ansich menjawab kunjungan Presiden Jokowi yang seharusnya legal formal.

Mengapa demikian? Sebab lain, agenda kerjasama yang dipublish kini, absurditas, tidak make sense. Misalnya pemberantasan terorisme.

Dalam dua tahun terakhir, dua kali Saudi meminta Indonesia ikut dalam koalisi melawan terorisme yang digagas dan dipimpin Salman. Keduanya ditolak mentah-mentah. Bagi Indonesia, alasan Indonesia tidak ikut karena tak ingin terlibat konflik internasional, termasuk apa yang disebut terorisme, adalah reasonable.
Sebaliknya respon penolakan itu bagi Saudi. Itu satu.

Kedua, berlarutnya kasus blasphemi Al Maidah, telah berubah menjadi paradoks politik, di mana Islam berubah menjadi kekuatan nasionalis kanan berhadapan dengan nasionalis kiri, lalu go internasional. Saudi mau tak mau harus ikut ketika frasa Arab diserang oleh pidato kontroversial Megawati selaku ruling party (partai berkuasa).

Its all about business!

Persaingan global. Persaingan para globalis. Its all about business, not relegion, kata analis. Itu semata Das Kapital (kaum modal), kata Karl Marx. Itu yang ketiga.

Raja Salman sedang memasarkan IPO (Initial Public Offering – pelepasan saham perdana) Aramco di Indonesia, Malaysia, Jepang, dan RRC.

Aramco adalah partner Pertamina. Ke situ alamat investasi 25 USD tadi. Sisanya untuk proyek Sauresia, akronim Saudi – Indonesia, ada 15 proyek. Nah yang 15 proyek ini bisa disebut dana solidaritas Islam.

Lainnya bisnis. Infonya, Saudi menunjuk Moelis & Co untuk penasihat investasi IPO Aramco.
Penunjukan Moelis mengisahkan Salman sedang berbisnis di mana Moelis adalah proxy RRC, walau RRC bukan sekutu Barat. Moelis adalah perusahaan milik konglomerat Yahudi Kenneth Moelis yang bermarkas di Beijing untuk Asia.

Dari Indonesia, Salman ke Jepang, lalu ke Beijing, bertemu Presiden RRC Xi Jinping, untuk memasarkan IPO Aramco yang diproyeksi mendulang duit 2 triliun USD. Dahsyat.

Dulu, Aramco bernama Socal (Standard Oil Company of California) Amerika Serikat. Socal beroleh konsesi minyak Timteng tahun 1930.

Ketika Perang Dunia II, Presiden Roosevelt menasionalisasi Socal, tapi digagalkan oleh Kongress AS. Lalu Socal lebur dengan Texaco menjadi Caltex (California Texas). Selanjutnya, bergabung Standard Oil of New Jersey (Exxon) dan Standard Oil of New York (Mobil).

Aliansi itu yang disebut Arab America Corporation (Aramco), ialah perusahaan minyak terbesar dunia kini. Aramco bermitra dengan BUMN Saudi, yaitu Saudi Aramco.

Berbagai sumber menyebutkan IPO Aramco adalah restrukturisasi dan diversifikasi untuk menghindari kebangkrutan akibat anjlognya harga minyak bumi.

Aramco mau banting setir ke mana dengan 2 triliun USD tadi?
Analis mengemukakan, pertama mendukung mitra strategis peningkatan kinerja Aramco. Yaitu kerjasama dengan pembeli terbesar (main buyer): Jepang, China, Indonesia, dan AS. Ikatan jangka panjang dengan main buyer menjaga stabilitas nilai saham Aramco di pasar modal.

Kedua, mengarahkan jaringan investasi financial untuk menjaga likuiditas Aramco dalam melakukan leverage, sehingga pertumbuhan Aramco terjamin dalam rangka mencipta deviden untuk menambal defisit APBN Saudi.

Aliansi dengan Jepang dan AS tidak bermasalah, karena satu proxy Barat. Tapi dengan China dan Indonesia niscaya bermasalah. Sebabnya, China sudah terikat aliansi dengan Iran dan Rusia (proxy Timur), sehingga menurut para analis, sulit dicapai aliansi permanen. Demikian pula dengan Indonesia, karena Indonesia sudah bekerjasama dengan Iran dan Rusia dalam proyek refinery dan trading.

Tapi Salman tampak yakin bisa menarik Indonesia dengan menganulir Iran dan Rusia menggunakan kedekatan Saudi dengan elite politik Islam Indonesia.

Langkah awal Saudi mempercepat penyelesaian pembangun kilang Cilacap dengan Pertamina serta membeli saham Petronas yang sedang kesulitan. Itu pintu masuk Aramco ke pasar retail Indonesia, bersama Petronas. Apa yang diperoleh Presiden Jokowi dari bisnis ini?

Menurut analis, berharap efek divestasi Aramco yang dilakukan Salman, pemerintah bisa melakukan bargaining politik untuk menjinakkan Islam radikal Indonesia. Di samping itu, menangguk kemitraan investasi dari Iran, Rusia, Arab, dan China.

Menurut saya sukar, khususnya penjinakan Islam semata karena Salman Wahabi.

Masalah radikalisme itu bukan soal Wahabi, melainkan karena tidak ditegakkannya keadilan hukum pada kasus Ahok oleh rezim. Sebab, demo bela Islam itu lebih banyak Nadlatul Ulamanya daripada Wahabinya.

Detonator lainnya adalah berubahnya kiblat polugri Indonesia dari Barat ke Timur (RRC, Iran, Rusia), meminjam istilah Syahganda Nainggolan, menghasilkan devided civilization (peradaban yang terbelah) antara nasionalis kiri versus nasionalis kanan. Belum ada obatnya karena diprovokasi terus menerus oleh pemerintah.

Kehadiran Raja Salman malah mensuplai semangat keislaman yang lebih rigid walau Salman membawa proyek Islam moderat dalam pesannya. (mc)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top