Politik

Survey Terbaru Pilkada Bangkep, Irianto Paling Tinggi


14 August 2016, 6:11
Dilihat   4.7K

Nusantarakini.com, Jakarta. Dinamika politik menjelang Pilkada Kabupaten Banggai Kepulauan semakin mengerucut. Nama-nama yang menjadi bakal calon bupati dan wakil Bupati semakin jelas.

Berdasarkan hasil survei terbaru yang dilakukan oleh salah satu lembaga survei terkemuka di Jakarta menyatakan Irianto Malingong paling kuat saat ini. Tingkat elektabilitas mantan Bupati Bangkep 2006-2011 ini mencapai 34%. Tingginya elektabilitas Irianto disinyalir karena masyarakat menilai pada masa kepemimpinan Irianto kondisi pembangunan Bangkep lebih baik daripada saat ini.

Peringkat kedua ditempati oleh Lania Laosa. Hasil survei ini tentu sangat mengecewakan bagi Lania karena sebagai petahana Bupati Banggai saat ini, ia hanya mencapai 17%. Berdasarkan hasil survei yang dikeluarkan pada bulan Juni 2016 lalu, tingkat elektabilitas Lania tidak terlalu tinggi dikarenakan masyarakat Bangkep banyak yang merasa tidak puas dengan kinerjanya. Hasil survei menunjukan masyarakat yang puas dengan kinerja Lania hanya 32%. Sedangkan yang menyatakan tidak puas mencapai 49%. Dan sisanya mengatakan tidak tahu.

Sementara nama-nama lain elektabilitasnya masih jauh tertinggal. Delmard Saikon, ketua fraksi Golkar DPRD Bangkep hanya mencapai 4%. Nopan Saleh, kadis sosial propinsi Sulteng yang juga pernah mencalonkan pada Pilkada lalu, elektabilitasnya juga hanya mencapai 3%.

Amoruddin Kasim Latarang, yang saat ini sebagai birokrat di Sorong Papua Barat hanya mencapai 2%. Demikian juga dengan Hery Ludong, pengusaha dan ketua Gerindra Bangkep, yang akhir-akhir ini sangat gencar melakukan sosialisasi, ternyata elektabilitasnya masih sangat rendah, yaitu hanya 0.8%.

Namun demikian dinamika politik di Bangkep masih terus bergerak. Jumlah pemilih yang menyatakan belum memutuskan masih relatif besar, yaitu sekitar 30%. Apalagi dengan kondisi partai-partai besar belum memutuskan secara jelas siapa yang akan mereka usung. Misalnya, sikap politik Golkar yang masih membuka ruang untuk mendukung calon lain selain Lania juga menambah suasana politik Bangkep semakin dinamis.

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!