Nasional

Memaknai Keberkahan Ramadan (5)

Nusantarakini.com, Jamaica Hills –Mungkin di antara keberkahan terpenting dari bulan Ramadan adalah rahmah dan magfirah Allah SWT. Bahwa bulan ini adalah bulan di mana Allah membuka pintu-pintu yang maha luar akan kasih sayang dan ampunanNya untuk hamba-hambaNya.

Sesungguhnya sisi sifat Allah yang paling dominan adalah rahmah atau kasih sayangNya. Hanya saja, sejak lama Islam disalah pahami seolah Islam kurang kasih sayang. Konsep ketuhanan kerap kali ditampilkan sebagai Tuhan yang kasar, bengis, tiada belas kasih. Kebodohan bahkan kebohongan ini sengaja dipromosikan untuk menumbuhkan rasa takut, bahkan kebencian kepada Islam.

Padahal jika dikaji semua aspek ajaran agama ini, mulai dari konsep teologisnya, amalan ritual, hingga ke muamalahnya mengajarkan kasih sayang itu.

Ampunan Allah

Karakteristik Allah yang Maha “Rahman” dalam ajaran Islam, salah satunya terefleksi dalam bentuk pengumpunanNya. Bahwa Allah SWT yang Maha menguasai langit dan bumi itu membuka pintu-pintu “pengampunan” dan “taubat” bagi semua hambaNya yang ingin dan sungguh-sungguh untuk meraihnya.

Al-Quran menegaskan: “dan bergegaslah kalian kepada ampunan Tuhanmu dan syurga yang luasnya langit dan bumi, disiapkan bagi orang-orang yang bertakwah”. (Al-Imran).

Kecintaan Allah yang tiada batas itu terwujud dalam sebuah ayat yang saya sebut dengan “deklarasi pengampunan”: “Katakan, Wahai hamba-hambaKu (ibaadiya) jangan kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni semua dosa-dosa. Sesungguhnya Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang”.

Ayat ini menekankan beberapa poin penting:

Satu, bahwa kasih sayang Allah kepada hamba-hambaNya begitu sangat dalam, bahkan tiada batas. Allah memanggil mereka yang melakukan dosa dengan panggilan kasih: “wahai hamba-hambaKu”. Padahal mereka telah melampaui batas dan ketetapan Allah (asrafuu). Luar biasanya Allah masih memanggil mereka dengan panggilan yang termulia “ibaad”.

Dua, mereka yang melakukan dosa disebut “asrafuu” atau melampaui batas dan berlebihan. Hal itu karena agama jika dijalankan sebagaimana mestinya akan sejalan dengan kebutuhan dan tabiat manusia. Di saat agama tidak dijalankan sebagaimana mestinya maka terjadi prilaku “melampaui batas” dari tabiat (nature) kemanusiaan.

3. Pengampunan itu bukan sekedar karena usaha kita semata. Bukan pula karena sekedar ibadah yang kita lakukan. Tapi semuanya karena semata “rahmat Allah”. Dan yang terpenting bahwa Rahmat Allah tiada batas. Dan karenanya jangan pernah berputus asa.

4. Semua dosa itu terbuka untuk diampuni, kecuali syirik yang terbawa mati. Dan karenanya ayat ini mendeklarasikan bahwa “sesungguhnya Allah mengampuni semua dosa”. Karena memang itulah Allah yang “Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Dari semua ini dipahami bahwa ampunan Allah itu adalah bentuk rahmahNya yang terbesar. Hanya dengan ampunanNya seorang hamba akan masuk syurga. Dan hanya dengan rahmatNya seorang hamba akan diampuni.

Cerita seorang pembunuh 99 orang adalah contoh lain dari kasih sayang Allah SWT. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari bahwa seorang pemuda telah membunuh 99 orang. Lalu mendatangi seorang ahli ibadah dan bertanya kira-kira Allah masih akan mengampuninya?

Sang ahli ibadah itu menjawab bahwa dia tidak akan diampuni lagi dengan dosa sebesar itu. Jangankan membunuh 99 orang. Membunuh seorang saja dosanya bagaikan membunuh seluruh umat manusia.

Mungkin karena frustrasi dan marah, sang pemuda itu juga membunuhnya. Kini iya genap membunuh 100 orang. Tapi kenginan untuk diampuni masih ada dalam hatinya. Dia pun berjalan hingga ketemu dengan ahli ilmu dan bertanya apakah Allah masih mengampuninya?

Mendengar itu sang ahli ilmu teringat dengan ayat tadi, “Wahai hamba-hambaKu jangan berputus asa dari Rahmat Allah…sesungguhnya Allah mengampuni semua dosa”.

Singkatnya, pemuda itu diarahkan untuk berangkat ke sebuah kampung dan bergabung dengan penghuni kampung itu beribadah kepada Allah SWT. Di tengah jalan dia meninggalkan dunia. Malaikat syurga dan neraka pun berebut untuk menjemputnya.

Namun Allah dengan RahmatNya dan kasihNya Allah mengabulkan keinginannya untuk diampuni. Dia telah membunuh 100 orang. Tapi karena komitmen dan usahanya untuk diampuni dan karena kasih sayang Allah, sang pemuda itu diampuni dan masuk syurga.

Berbagai hadits menyampaikan bentuk kasih sayang Allah dalam pengampunanNya. “Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba sebelum suara terakhir keluar dari tenggorokannya (maa lam yugharghir)”. Bahkan Allah membuka pintu magfirahNya di malam hari bagi pendosa di siang hari. Dan membuka pintu magfirahNya di siang hari bagi pendosa di malam hari. Pintu maaf pun terbuka hingga terbitnya matahari dari barat (Kiamat).

Kisah seorang teman Afro Amerikan, Imam Ayub Abdul Baqi, yang ibunya begitu benci dengan Islam dan Muslim. Tapi akhirnya meninggal dalam kasih sayang Allah dan magfirahNya. Imam Abdul Baqi asalah Imam yang gigih memperjuangkan hak-hak sipil komunitas Muslim Amerika di kota New York.

Kisahnya bermula ketika beliau masuk Islam. Beliau ketika itu masih muda. Karena marah kepada anaknya, Ibu Imam Ayub mengusirnya dari rumah. Sejak saat itu sang Ibu tidak pernah lagi mau menerimanya kembali ke rumah itu.

Imam Ayub mencari kerja, belajar Islam bahkan menjadi Imam dan menikah. Beliau dikaruniai beberapa anak. Beliau kemudian sengaja mengirimkan anaknya untuk menengok neneknya. Sang nenek ternyata jatuh hati kepada cucu-cucunya. Tapi tetap membenci anaknya, Imam Ayub.

Singkat cerita sang Ibu sakit keras dan masuk rumah sakit. Berhari-hari Imam Ayub menunggui ibunya di rumah sakit. Hingga di waktu-waktu menjelang sakratul maut, Imam Ayub memeluk ibunya, menangis dan menyampaikan hal ini: “Ibuku, saya cinta Ibu. Saya tidak bisa membayar jasamu kepadaku. Hanya satu hadiah yang ingin saya berikan kepadamu, Ibuku”.

Sambil memeluk Ibunya, Imam Ayub dengan suara pelan membisikkan: Asy-hadu anlaa ilaaha illallah wa asy-hadu anna Muhammadan Rasulullah”.

Dan di detik-detik terakhir hidupnya itu sang Ibu menerima Kalimah Tauhid. Menerima kunci syurga itu. Alhamdulillah.

Satu kisah lagi. Yang ini juga Ibu seorang Mualaf yang sekarang jadi da’i. Beliau adalah Syeikh Muhammad Yasin, seorang da’i yang sangat gigih di kota New York. Seorang warga Warga kulit putih, pernah mengenyam pendidikan Islam di Madinah.

Sejak kembali dari Madinah satu hal yang ingin beliau lakukan. Yaitu ingin merawat dan membahagiakan Ibunya yang telah tua. Dan untuk itu beliau menikah karena ingin fokus merawat Ibunya yang sakit-sakitan. Ibunya tidak pernah mau menerima Islam. Bahkan terbuka mengatakan agama ini bukan untuknya. Tapi Syeikh Yasin tidak pernah mendesak. Hanya menunjukkan bakti dan cinta kepada Ibunya.

Hingga pada suatu Ibunya sakit keras dan krusial. Di momen-momen itulah Syeikh Yasin mendekat ke telinga Ibunya dan mengajaknya menerima: “Laa ilaaha illallah – Muhammad Rasulullah”. Dan beliau menerimanya hanya sesaat sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Kedua cerita benaran (real story) dari New York di atas menyampaikan pesan bahwa seorang manusia itu selalu ada harapan. Karena memang kasih sayang Allah itu lebih luas dari segala dosa dan kesalahan manusia.

Semangat ini jugalah yang kita harus bangun di bulan Ramadan ini. Karena Sungguh di bulan ini secara khusus Allah bukakan pintu-pintu magfiraNya seluas-luasnya. Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita semua. Amin! [mc]

Jamaica Hills, 26 Maret 2023.

*Imam Shamsi Ali, Presiden Nusantara Foundation.

Terpopuler

To Top