CLEAR. Partai Demokrat Dukung Anies Capres 2024, Baca Pernyataan Resminya

Nusantarakini.com, Jakarta –Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan hasil pertemuan rapat Majelis Tinggi Partai kepada Anies Baswedan(ABW) di depan wartawan hari ini. AHY memastikan Demokrat akan tetap pada posisi semangat perubahan dan perbaikan.

“Tadi malam Majelis Tinggi Partai melakukan rapat lengkap, ada satu yang tidak hadir karena sedang bertugas ke luar negeri yaitu Bapak Syarif Hasan, langsung dipimpin oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono selaku ketua Majelis Tinggi Partai,” kata AHY kepada awak media di DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (2/3/2023).

Menurut AHY, Majelis Tinggi Partai Demokrat telah menggelar rapat membahas keputusan calon presiden (Capres) yang akan diusung. Hasilnya Majelis Tinggi Demokrat sepakat mendukung ABW sebagai capres 2024. AHY juga menegaskan keputusan itu sekaligus menguatkan dukungan terkait apa yang sudah disampaikan Demokrat sejak 26 Januari 2023 lalu.

“Karena sejatinya dengan keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang telah diambil tadi malam dan dikonfirmasi hari ini langsung ke mas Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan kami usung bersama. Ini memberikan kekuatan hukum pada deklarasi Partai Demokrat yang sebelumnya sudah disampaikan kepada publik pada tanggal 26 Januari 2023. Artinya, ya sudah lengkap gabungan koalisi parpol untuk membangun perahu koalisi perubahan,” ucap AHY.

AHY memastikan keputusan majelis Tinggi Partai sudah menjadi kekuatan hukum tetap di internal partai. Menurutnya keputusan itu sudah melalui berbagai pertimbangan yang matang.

“Saya Ketum juga sekaligus Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai datang pertemuan sekitar 5 jam, saya baru saya mendarat dari Mamuju, Sulbar dan sebelumnya melakukan perjalanan ke Palu Sulteng. Kami menentukan bukan hanya sikap, tapi keputusan bulat bahwa Demokrat akan tetap berada dalam perubahan dan perbaikan. Kami meyakini bahwa pemilu 2024 nanti semangat perubahan dan perbaikan ini juga semakin besar,” tuturnya.

Menurut AHY, apa yang diputuskan dalam rapat itu dibahas dalam pertemuannya bersama ABW hari ini. Seluruh Anggota Majelis Tinggi Partai pun menyampaikan harapan ke capres yang mau diusung Partai Demokrat ini.

“Keputusan yang kami hadirkan melalui tadi malam kemudian dimanisfestasikan dalam pertemuan tadi, di ruang Majelis Tinggi Partai. Di hadapan Bapak Anies Baswedan tadi anggota Majelis Tinggi Partai juga menyampaikan harapan aspirasi dan juga tentu semakin menguatkan tekad Bapak Anies Baswedan untuk terus berjuang semakin kuat, dan semakin memiliki keyakinan bahwa beliau tidak sendirian. Ada kami Partai Demokrat dari pusat sampai seluruh daerah yang siap berjuang bersama menghadirkan perubahan dan perbaikan tadi,” tegas AHY.

Pada kesempatan tersebut, kata AHY, ABW pun menyampaikan visi misi dan gagasan ke depan. AHY mengatakan banyak kesamaan pandangan Demokrat dengan ABW.

“Dan secara langsung tadi Bapak Anies Baswedan juga bisa berinteraksi menyampaikan tanggapan sekaligus menyampaikan visi dan gagasan besar mengapa perubahan harus dilakukan. Banyak sekali kesamaan cara pandang, kesamaan tujuan, dan mudah-mudahan silaturahim seperti ini memperkuat chemistry di antara keluarga besar Partai Demokrat dan Bapak Anies Baswedan,” ucap AHY.

“Insyaallah kami memiliki kesatuan komando, satu pikiran, satu hati, dan satu tindakan baik yang terjadi hari ini maupun insyaallah sampai pemilu 2024 nanti,” lanjut AHY.

AHY kembali menegaskan Demokrat sudah menyampaikan sikap pada 26 Januari lalu mendukung ABW sebagai capres 2024. Pertemuan ini sekaligus menguatkan dukungan tersebut.

“Pada 26 Januari lalu, sebetulnya secara resmi saya menyampaikan sikap dan posisi Partai Demokrat untuk mengusung Bapak Anies Baswedan sebagai capres. Tentu juga dalam satu paket itu kami menyerahkan kepada beliau untuk bisa menentukan pasangannya yang tentunya memiliki sejumlah kriteria yang diyakini bisa meningkatkan kans kemenangan dan tentunya memiliki kesamaan dalam visi perubahan tadi,” tuturnya.

Jadi, lanjut AHY, pertemuan Majelis Tinggi Partai sekali lagi merupakan ketetapan hukum Partai Demokrat sesuai yang diatur dalam AD/ART tahun 2020, bahwa kewenangan Majelis Tinggi Partai menentukan koalisi pemilu dan juga menentukan pasangan capres dan cawapres.

“Ini sebetulnya hanya sebagai kekuatan hukum karena kami taat pada rule of law yang dimiliki Partai Demokrat. Tetapi sebetulnya semangat ini ya bukan terjadi semalam dua malam terakhir. Ini sebuah proses dialog pertemuan hati, pertemuan pikiran yang Insyaallah abadi selamanya, Mas Anies,” ujar AHY kepada ABW.

“Bahwa kita punya niat baik, Insyaallah juga akan melakukan dengan cara baik karena yang dibutuhkan hari ini adalah mereka yang memilik niat baik mereka yang punya yang baik untuk menghadirkan tujuan besar yang juga baik untuk masyarakat semua,” lanjut AHY.

Saat menanggapi penyampaian AHY, ABW pun merespon baik dan ditutup dengan sebuah pantun:

“Pergi bersama mencari arah.
Arah biduk menjaga selamat.
Doa dan ikhtiar membawa berkah.
Siap berlayar bersama Demokrat.” [mc]