Nakhoda Baru Jarnas ABW Jatim Langsung Tancap Gas: Yakin Anies Menang di Eks Karesidenan Bojonegoro

Nusantarakini.com, Lamongan –Relawan Anies Baswedan yang tergabung dalam Jaringan Relawan Nasional (Jarnas ABW) yakin Anies akan mendulang suara besar di wilayah eks Karesidenan Bojonegoro. Hal itu terungkap dalam acara konsolidasi relawan Jarnas ABW di Lamongan, Sabtu (25/2).

Acara itu dihadiri oleh Ketua DPW Jarnas ABW Jawa Timur Dr. H. Dhimam Abror Djuraid bersama jajaran pengurus DPW Jarnas Jatim, yaitu H. Misbah HS, Udin Sarudin, Imam Hanafi, Moch Ali Imam, dan Ali Mu’thie. Acara juga dihadiri oleh Koordinator Wilayah Eks Karesidenan Bojonegoro, A. Ribhan, dan Ketua DPD Jarnas Lamongan M. Taufik, K.H Yazid, Arif Zuhdi, dan Suharyono. Dari DPD Jarnas Tuban hadir Drs. Kasmoeri, MSi, Edy Sukirno, Adi Utomo. DPD Jarnas Bojonegoro diwakili oleh Nur Chafid dan Fatkur Rochman.

Ketua DPW Jarnas ABW Jatim Dr. H. Dhimam Abror Djuraid menyampaikan, dalam gebrakan di awal kerjanya sebagai Ketua DPW Jarnas ABW Jatim yang baru, dia sengaja memilih eks Karesidenan Bojonegoro sebagai wilayah yang pertama diagendakan untuk konsolidasi. Karena berkeyakinan di wilayah tersebut, potensi Anies Baswedan untuk menang sangat besar.

“Ya, sebagai ketua baru yang mendapatkan SK 18 Februari 2023 kemarin, setelah melakukan pemetaan wilayah di Jatim ini, sengaja saya mendahulukan konsolidasi relawan di wilayah eks Karesidenan Bojonegoro. Karena berpotensi besar untuk memenangkan mas Anies ya,” jelas Abror saat dihubungi Nusantarakini.com, Sabtu malam (25/2/2023).

Dalam rapat konsolidasi tersebut, Abror juga mendapat laporan perkembangan dari masing-masing DPD Jarnas ABW se-Eks Karesidenan Bojonegoro tersebut.

Dari laporan DPD Jarnas ABW Lamongan terungkap bahwa pendukung Anies Baswedan sangat kuat di wilayah Lamongan pantai utara, wilayah kota, dan wilayah selatan. Karena itu Anies Baswedan diyakini akan menang besar di Lamongan. Meski demikian, DPD Jarnas ABW Lamongan tetap bekerja keras untuk melakukan konsolidasi internal dengan menggandeng tokoh-tokoh lokal yang berpengaruh.

Di Tuban, kepengurusan Jarnas ABW sudah tertata dengan rapi dan kegiatan sosialisasi dan konsolidasi berlangsung lancar. Menurut rencana, Ahad (26/2) DPD Jarnas ABW Tuban akan melantik pengurus 5 DPC di Tuban.

‘’Ini merupakan rangkaian konsolidasi yang kami lakukan secara intensif,’’ kata Edy Sukirno dari DPD Jarnas ABW Tuban.

Edy Sukirno menambahkan bahwa jaringan relawan Anies Baswedan di Tuban sudah terbentuk di beberapa kecamatan, dan di beberapa kecamatan lainnya sedang melakukan persiapan penyusunan kepengurusan. Edy optimistis dalam waktu dekat di semua kecamatan di Tuban akan terbentuk kepengurusan relawan Anies Baswedan.

Untuk memperluas jaringan relawan di Tuban, Edy akan menggunakan berbagai jalur, termasuk pendekatan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sebagai mantan birokrat yang sudah 30 tahun bergelut dengan masalah UMKM, Edy yakin kalangan pelaku usaha UMKM di Tuban akan bisa ditarik untuk menjadi bagian dari relawan Anies Baswedan.

M. Taufik dari DPD Jarnas ABW Lamongan optimistis Anies Baswedan akan mendulang suara terbesar di Lamongan. Ia membeberkan peta kekuatan Anies Baswedan di wilayah pantai utara Lamongan yang sangat kokoh.

“Di wilayah utara kami optimistis Anies Baswedan akan unggul mutlak,’’ kata Taufik.

“Di wilayah kota Lamongan dan wilayah selatan juga demikian. Basis demografi masyarakat Lamongan yang agamis memudahkan relawan Anies Baswedan untuk melakukan sosialisasi dan konsolidasi. Yang dibutuhkan sekarang adalah memperluas jaringan dengan melibatkan lebih banyak tokoh-tokoh lokal,’’ beber Taufik.

Di wilayah Bojonegoro relawan Anies Baswedan mengembangkan jaringan dengan tokoh-tokoh lokal yang berpengaruh. Ketua DPD Jarnas Bojonegoro Nur Chafid mengatakan bahwa jajaran pengurus Bojonegoro terdiri dari aktivis-aktivis muda dari berbagai kalangan.

“Kami memperluas jaringan dengan menggandeng tokoh-tokoh senior di Bojonegoro,’’ kata Nur Chafid.

Koordinator Wilayah Jarnas ABW eks Karesidenan Bojonegoro A. Ribhan optimistis Anies Baswedan akan memenangkan suara di wilayahnya. Basis masyarakat eks Karesidenan Bojonegoro yang religius-nasionalis akan cocok dengan karakter Anies Baswedan yang juga religius-nasionalis.

‘’Reputasi Pak Anies Baswedan yang bagus selama menjadi gubernur DKI menjadi daya tarik yang kuat bagi masyarakat,’’ kata Ribhan. [mc]