Anies : Formula E Kirimkan Pesan Jakarta Bersiap jadi Kota Modern

NUSANTARAKINI.COM-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai ajang balap mobil listrik Formula E akan menjadi momentum bahwa Jakarta berpartisipasi untuk mengurangi emisi karbon.

“Kegiatan Formula E adalah pesan kepada kami dan kepada dunia bahwa kami, penduduk Jakarta ikut ambil tanggung jawab, kami ikut mengurangi emisi karbon,” kata Anies Baswedan di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa, (24/5/2022), dikutip dari tempo.

Menurut dia, Formula E menjadi ajang balapan yang memanfaatkan energi listrik sebagai energi ramah lingkungan. Dengan begitu, lanjut dia, menjadi kesempatan bagi Jakarta yang siap dengan era baru energi baru dan terbarukan yang lebih ramah lingkungan khususnya untuk mendukung mobilitas masyarakat.

Adapun upaya yang dilakukan DKI, kata dia, dengan mengganti armada transportasi umum TransJakarta menggunakan bahan bakar ramah lingkungan secara bertahap.

Saat ini, kata dia, sudah ada 30 armada bus TransJakarta menggunakan bahan bakar listrik dan ditargetkan akhir 2022 sebanyak 100 bus menggunakan energi listrik.

Ia menargetkan pada 2030 seluruh armada TransJakarta menggunakan energi ramah lingkungan.

“Jadi, kegiatan Formula E mengirimkan pesan Jakarta bersiap untuk menjadi kota modern yang lingkungan hidupnya bersih karena mobilitas penduduknya mengandalkan kendaraan umum yang berbasis energi listrik,” ucapnya.

Perhelatan Formula E Jakarta digelar pada Sabtu, 4 Juni 2022, masuk rangkaian “Jakarta Hajatan” sehubungan HUT ke-495 Jakarta. Saat ini, sejumlah logistik para pebalap termasuk mobilnya sudah mulai masuk Jakarta dan menunggu pemeriksaan Bea Cukai.

Rencananya, para pembalap Formula E akan datang ke Jakarta mulai 28-29 Mei 2022 sebelum mengaspal di lintasan sirkuit sepanjang 2,4 kilometer yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara. “Harapannya berjalan lancar, sukses, nama baik Indonesia berada di dalam kancah dunia. Ini adalah kesempatan, dunia menyaksikan Jakarta, menyaksikan Indonesia,” ucapnya.