Transportasi

Berlaku Mulai 28 Mei, Berikut Rute Terbaru KRL


23 May 2022, 15:02
KRL
Dilihat   30

NUSANTARAKINI.COM-KRL Commuter Line bakal melakukan perubahan rute mulai hari Sabtu, 28 Mei mendatang. Perubahan rute bakal terjadi di kereta jarak jauh dari line Bogor dan Cikarang/Bekasi.
Perubahan rute KRL ini dilakukan dalam rangka penyesuaian pembangunan pada Stasiun Manggarai.

“Pada Jumat 27 Mei 2022 malam hingga Sabtu 28 Mei 2022 dini hari akan dilakukan Switch Over (SO) ke-5 di stasiun Manggarai, ” tulis KAI Commuter Line, mengutip Instagram resminya.

Dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) KRL Commuter Line terbaru yang akan berlaku 28 Mei, rute KRL Bogor-Jatinegara bakal dihapus. Dengan begitu, KRL dari Stasiun Bogor hanya akan memiliki rute Bogor-Jakarta Kota.

Maka dari itu, para penumpang KRL dari Bogor yang ingin menuju ke beberapa stasiun seperti Sudirman, Tanah Abang, Duri Kampung Bandan, hingga Jatinegara sudah tidak bisa langsung. Namun, jika tetap ingin menuju stasiun-stasiun tersebut bisa tetap dilakukan dengan transit di Stasiun Manggarai.

Tidak hanya rute Bogor, KRL Cikarang/Bekasi pun akan dialihkan. Tidak ada lagi rute Stasiun Cikarang/Bekasi ke arah Stasiun Jakarta Kota.

Dari Stasiun Cikarang/Bekasi rutenya akan memutar ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Jatinegara, dan kembali ke Cikarang.

Nah bagi penumpang yang mau ke arah Jakarta Kota dari Bekasi ataupun Cikarang bisa melakukan transit di Stasiun Manggarai. Kemudian berganti kereta menuju jalur Bogor-Jakarta Kota. Sementara itu, untuk KRL Lintas Serpong, Tangerang, dan Tanjung Priok tidak mengalami perubahan.

Dengan adanya penyesuaian rute ini, jalur 1 dan jalur 2 Stasiun Manggarai hanya akan melayani Kereta Api Jarak Jauh, dan Jalur 3 akan dinonaktifkan.

Sementara, untuk KRL Commuterline lintas Bekasi/Cikarang akan dilayani di Jalur 6 dan Jalur 7. Sementara lintas Bogor akan dilayani di Jalur 10, Jalur 11, Jalur 12, dan Jalur 13.

Penyesuaian rute ini juga akan diikuti dengan penambahan persebaran rangkaian KRL pada lintas Cikarang. Sebelum diberlakukan penyesuaian, lintas Cikarang dilayani sebanyak 17 rangkaian KRL, nantinya akan meningkat menjadi 21 rangkaian KRL.

Kecepatan maksimal perjalanan KRL lintas Cikarang-Jatinegara juga akan mengalami peningkatan dari sebelumnya 70 Km/Jam menjadi 95 Km/Jam dan memangkas waktu perjalanan sekitar 2 menit.

 

 

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!