DKI Jakarta

Warga Peluk Anies Baswedan Saat Tinjau Lokasi Kebakaran Pasar Gembrong


3 May 2022, 18:06
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur yang kebakaran beberapa waktu lalu.
Dilihat   104

NUSANTARAKINI.COM-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur yang kebakaran beberapa waktu lalu. Dalam kunjungan di momen lebaran tersebut, Anies menjanjikan revitalisasi kawasan yang terbakar.

Momen kunjungan itu diunggah Anies di akun instagram pribadinya, Selasa (3/5). Dalam foto itu tampak dirinya tengah dipeluk salah seorang warga di Pasar Gembrong.

“Di hari yang fitri kembali bersilaturahmi dengan saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di kawasan Pasar Gembrong,” tulis Anies di unggahannya.

Dalam unggahan tersebut, Anies tampak beberapa warga atau pedagang di Pasar Gembrong. Anies juga tampak berdialog dengan warga di dalam Musala dan diakhiri dengan swafoto bersama.

Anies mengajak warga sekitar yang terdampak, untuk terlibat dalam proses revitalisasi kawasan tersebut. Ia ingin warga ikut menyuarakan aspirasi serta menjelaskan kebutuhan revitalisasi.

“Insya Allah pengerjaan revitalisasi kawasan ini segera dilaksanakan secara estafet mulai minggu depan, dengan menggelar koordinasi serta kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak, mulai dari Basnas Bazis DKI, Forkompinda, perwakilan warga, juga pihak swasta,” kata Anies.

Ia menjelaskan, revitalisasi akan mengedepankan bangunan yang sesuai dengan kontur kawasan, memenuhi ketersediaan peralatan pemadam api ringan, ramah lingkungan dan sesuai dengan kebutuhan warga.

Dengan demikian, kata dia, warga yang terdampak kebakaran, dapat kembali menempati hunian yang lebih baik.

Selain melakukan revitalisasi fisik bangunan, ia mengatakan pihaknya akan mendampingi warga untuk memahami konsep lingkungan yang sehat dan asri.

“Seperti sanitasinya, pencahayaan, ketersediaan sumur resapan, mitigasi kebencanaan dan faktor manajemen lingkungannya. Sehingga saat mereka menempati kawasan yang sudah direvitalisasi, mereka memiliki gaya hidup dan kebiasaan baru, khususnya untuk mencegah kejadian serupa terulang lagi,” kata dia.

Kebakaran besar melanda Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Minggu (24/4) malam.

Pemadam kebakaran mendata, setidaknya kebakaran menghanguskan total 400 bangunan. Luas wilayah yang terbakar mencapai 1.200 meter persegi. Dugaan sementara, kebakaran akibat konsleting listrik di rumah seorang warga.

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!