DKI Jakarta

Anies Kunjungi Gereja di Hari Paskah, Sampaikan Soal Kesetaraan


17 April 2022, 21:38
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Saat mengunjungi Gereja Katolik Maria Kusuma Karmel di Kembangan, Jakarta Barat (Jakbar), Ahad 17 April 2022
Dilihat   118

NUSANTARAKINI.COM-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengunjungi gereja di momen Hari Raya Paskah 2022. Kali ini, Anies menyambangi Gereja Katolik Maria Kusuma Karmel di Kembangan, Jakarta Barat (Jakbar).

Gereja Maria Kusuma Karmel merupakan Paroki ke-44 di Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) dengan jumlah umat mencapai 12.800 jiwa. Dalam kunjungannya, Anies berbicara soal komitmen Pemprov DKI dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan di Kota Jakarta, termasuk peribadatan warganya.

“Jakarta merupakan tempat berkumpulnya semua unsur yang ada di Indonesia. Maka dari itu kita harus memastikan semua mendapatkan kesetaraan kesempatan,” kata Anies, Ahad (17/4/2022).

Anies juga mendengarkan aspirasi warga mengenai perizinan gereja. Prinsipnya, Anies memastikan menerapkan prinsip kesetaraan dalam menerbitkan izin operasional rumah ibadah.

“Semua (termasuk izin gereja), dikerjakan dengan cara seksama dan tuntas. Kita jalankan ini semua dengan berpegang pada prinsip kesetaraan di semua tempat. Bukan hanya gereja, tetapi semua tempat peribadatan dan izin-izin lainnya,” ucapnya.

Anies juga mengapresiasi peran sosial gereja di masyarakat. Seperti halnya Gereja Katolik Maria Kusuma Karmel yang melakukan serangkaian kegiatan sosial, mulai dari vaksinasi hingga pemberian bantuan sosial untuk yang membutuhkan.

“Kita hidup berdampingan, kebersamaan itu terjadi di lingkungan ini. Dan mohon itu dijaga karena penting, bahwa sebuah rumah ibadah bukan saja memberikan ketenangan dan kesempatan mendekatkan diri kepada Tuhan, tapi juga dia hadir sebagai tempat yang meneduhkan dan mengayomi lingkungan sekitarnya. Jadi saya salut dengan apa yang dikerjakan Bapak/Ibu di Gereja Katolik Maria Kusuma Karmel,” imbuhnya.

Anies Baswedan sebelumnya menghadiri kegiatan Fajar Paskah di GPIB Immanuel, Jakarta Pusat, dini hari tadi. Anies menyebut momen Kebaktian Fajar menjadi istimewa lantaran gereja ini baru direvitalisasi dan kembali diresmikan pada Desember 2021.

“Kebaktian Fajar GPIB Immanuel merupakan tradisi dan kami bersyukur bahwa Gereja Immanuel pagi ini memiliki wajah baru yang teduh dan memancarkan kebahagiaan bagi kita semua,” kata Anies Baswedan saat melakukan kunjungan yang dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (17/4).

Anies juga memandang revitalisasi gereja bukan sekadar melakukan pemugaran pada fisiknya semata. Gereja Immanuel, menurut dia, harus menjadi tempat bagi kegiatan dan memberikan keteduhan, baik bagi pengurus maupun jemaatnya.

“Karena itu, amat bersyukur bagian dari tugas kita (Pemprov DKI Jakarta) sudah ditunaikan ketika revitalisasi ini selesai. Sisi selatan yang dulu jarang diperhatikan, sekarang menjadi tempat cahaya itu memancar dengan amat indahnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Gubernur Anies juga berharap keteduhan dan kedamaian yang salah satunya dihadirkan Gereja Immanuel dapat dirasakan seluruh warga Jakarta. Maka harapannya kedamaian dan persatuan dapat semakin diperkuat.

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!