DKI Jakarta

Malam ini! Anies Ajak Warga Jakarta Padamkan Lampu Selama 1 Jam


26 March 2022, 15:30
Ilustrasi Pemadaman Lampu
Dilihat   196

NUSANTARAKINI.COM-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengajak masyarakat untuk melakukan aksi pemadaman lampu pada malam ini, Sabtu (26/3) mulai pukul 20.30 sampai 21.30 WlB.

Pelaksanaan pemadaman lampu ini berdasarkan lnstruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pemadaman Lampu dalam Rangka Aksi Hemat Energi dan Pengurangan Emisi Karbon.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, Ingub tersebut mengamanatkan pelaksanaan pemadaman lampu sebanyak tiga kali dalam satu tahun, yaitu pada Peringatan Aksi Lingkungan bulan Maret; Peringatan Hari Bumi; dan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Aksi pemadaman lampu yang pertama tahun ini akan dilaksanakan besok selama satu jam pukul 20.30 sampai 21.30 WlB,” kata Asep dalam keterangan tertulis, Sabtu (36/3/2022).

Asep mengatakan pelaksanaan aksi pemadaman lampu selama satu jam memberikan pesan edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar menghemat energi dan berkontribusi dalam penurunan emisi gas rumah kaca (GRK).

Nantinya, kata Asep, akan dilakukan penghitungan pada penghematan energi, penghematan ekonomi, dan penurunan emisi GRK setelah pelaksanaan pemadaman tersebut.

“Dengan memadamkan lampu selama satu jam kita akan menghemat energi sekaligus mengurangi emisi karbon. Mari jadi bagian untuk selamatkan bumi,” ucap Asep.

Berikut lokasi pemadaman lampu sesuai dengan lnstruksi Gubernur Nomor 14 Tahun 2021, yaitu :

a. Seluruh bangunan / gedung Kantor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (kecuali Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, dll).
b. Jalan Protokol dan Jalan Arteri
c. Simbol Kota Jakarta (Gedung Balai Kota; Monumen Nasional dan air mancurnya; Patung Arjuna Wiwaha dan air mancumya; Bundaran Hotel lndonesia dan air mancurnya; Patung Pemuda dan air mancurnya; Patung Pahlawan; dan Patung Jenderal Sudirman.
d. Jalan Protokol dan Jalan Arteri pada lima Wilayah Kota Administrasi sebagai berikut:
– Jakarta Pusat : Jalan Sudirman (Dukuh Atas sampai dengan Gedung Sampoerna Strategic), dan Jalan MH. Thamrin; seputaran Jalan Medan Medeka (Kecuali Medan Merdeka Utara depan lstana Presiden), Jalan Gerbang Pemuda – Jalan Asia Afrika, Halaman Kantor Balai Kota DKI Jakarta, dan Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.
– Jakarta Utara : Jalan Yos Sudarso, Komplek Kantor Wali Kota Jakarta Utara, dan Jalan Perintis Kemerdekaan.
– Jakarta Timur : Jalan Dr. Sumarno, Jalan Raden Inten, dan Komplek kantor Wali Kota Jakarta Timur.
– Jakarta Barat : Jalan Daan Mogot dan Jalan Kembangan Raya (depan Kantor Wali Kota Jakarta Barat), dan Komplek Kantor Wali Kota Jakarta Barat.
– Jakarta Selatan : Jalan Prapanca Raya, Jalan Gerbang Pemuda – Jalan Asia Afrika, Jalan Sudirman (Gedung Sampoerna Strategic – Patung Pemuda), dan Jalan Rasuna Said.

“Beberapa gedung milik swasta, gedung komersial, pusat perbelanjaan, restoran, hotel dan apartemen juga akan berpartisipasi dalam pelaksanaan pemadaman lampu tersebut,” kata Asep.

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!