Nasional

Komitmen dalam Keterbukaan Data, RNI Raih Mitra Responden Terbaik pada BPS Awards 2020 


28 September 2020, 12:43
Dilihat   1.1K

Nusantarakini.com, Jakarta –

Sebagai bentuk apresiasi atas komitmen PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) dalam mendukung penyediaan data statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan penghargaan BPS Awards Tahun 2020 kepada RNI sebagai Mitra Responden Terbaik kategori perusahaan. Penghargaan diserahkan oleh Kepala Biro Humas dan Hukum BPS Endang Retno Sri Subiyandani kepada Direktur Keuangan RNI Pramusti Indrascaryo, di Jakarta.

Menurut Pramusti, Senin, 28 September 2020, di Jakarta, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi BPS kepada RNI yang telah berperan dalam pengumpulan data serta aktif diberbagai kegiatan statistik yang dilaksanakan oleh BPS. 

“Kami berterima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang telah diberikan. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi RNI untuk semakin aktif dan kontributif dalam menyediakan data-data statistik pada survei yang dilakukan BPS dalam rangka mendukung perencanaan pembangunan,” ujarnya. 

Ia menambahkan, sebagai BUMN, RNI memiliki tanggung jawab dan komitmen lebih dalam mendukung dan menyukseskan program perencanaan pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah. 

“Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah dengan bersikap terbuka dan aktif menyampaikan data-data yang berkualitas kepada BPS sebagai produsen statistik resmi sehingga RNI dapat berperan membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan khususnya yang terkait dengan bidang pangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Pramusti mengatakan, penghargaan yang diterima ini menambah daftar catatan positif dan prestasi RNI di tahun 2020. Menurutnya, selain kinerja yang semakin membaik, apresiasi dari stakeholder juga menjadi tambahan semangat di tengah upaya RNI melakukan transformasi menjadi Holding BUMN Pangan. 

“RNI tengah melakukan transformasi menyeluruh menuju Holding BUMN Pangan. Kedepannya penyampaian data terkait pangan seperti pertanian, perikanan, peternakan termasuk rantai nilainya akan terintegrasi melalui RNI,” katanya.

Pramusti mengatakan, terpilihnya RNI sebagai responden BPS terbaik tahun 2020 menunjukan komitmen perusahaan untuk berubah lebih transparan, gesit, dan sistematis dalam pengolahan dan penyediaan data-data. Hal tersebut sangat penting, mengingat di era transformasi digital saat ini kebutuhan akan data dan informasi menjadi semakin besar dan cepat. 

“Dibutuhkan kerja sama dan kerja keras untuk mewujudkan manajemen data yang solid. Kedepannya RNI siap bersinergi dengan berbagai pihak terutama dengan BPS guna meningkatkan pengelolaan data statistik perusahaan agar semakin tepat guna,” paparnya.

Sementara itu Kepala Biro Humas dan Hukum BPS Endang Retno Sri Subiyandani mengatakan, pemberian apresiasi kepada RNI tidak terlepas dari peran aktif RNI sebagai responden BPS yang begitu kooperatif membantu BPS dalam mengumpulkan data utamanya data perkebunan. 

“Data perkebunan kita tahun ini benar-benar real time karena RNI perusahaan besar jadi sangat membantu untuk mengeluarkan data perkebunan,” ujarnya.

Adapun penghargaan BPS ini dilaksanakan dalam rangka Hari Statistik Nasional yang jatuh pada tanggal 26 September. Menurut Endang, kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi bagi Kementerian/Lembaga, Media, dan Perusahaan yang telah aktif dalam pengumpulan data dan kegiatan statistik lainnya. 

“Karena data yang berkualitas tidak hanya bersumber dari BPS sebagai pengumpul data, tetapi juga dari kontribusi responden dalam memberikan data yang benar, jujur, dan tepat waktu,” ujarnya. [mc] 

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!