Pilkada 2020

Karman BM: Mari Dukung Optimisme Pemerintah Selenggarakan Pilkada Serentak Desember 2020


12 June 2020, 14:27
Dilihat   2.0K

Nusantarakini.com, Jakarta – 

Diskursus pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 yang rencananya akan diselenggarakan 9 Desember 2020 mendatang masih menjadi tema diskusi yang menarik. Kali ini dengan format webinar, GAGASNESIA mengangkat tema diskusi “Pilkada Serentak 2020 Era New Normal di Mata Millennials.” Acara diskusi dipandu oleh Sistanto Purnomo, Direktur Eksekutif GAGASNESIA.

Karman BM, Direktur Al Mentra Institute yang menjadi salah satu narasumber dalam webinar tersebut menyampaikan, terkait pelaksanaan pilkada serentak mendatang, maka para ilmuan politik, pemikir dan pejuang demokrasi perlu merumuskan ulang syarat-syarat pemilu yang demokratis di masa pandemi.

“Jangan terlalu kaku. Karena politik itu adalah sesuatu yang profan. Bukan sakral. Kita harus mau belajar dari otoritas agama yaitu ulama yang secara cepat mengeluarkan fatwa tata cara ibadah selama covid. Dan faktanya bisa berhasil. Masyarakat mengikutin. Nah mestinya pilkada juga demikian,” tutur Karman dalam closing statement webinar, Jakarta, Jumat pagi (12/6/2020).

Karenanya, Karman mengusulkan supaya peraturan teknis pilkada harus segera disosialisasikan. Peraturan KPU dan Peraturan Bawaslu harus segera dikeluarkan. Supaya publik percaya diri, yakin dengan persiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 nanti.

“Saya memahami selama ini mungkin KPU dan Bawaslu ragu karena kesiapan anggaran, wilayah itu menurut saya juga harus segera dituntaskan pembicaraannya bersama pemerintah,” ujar mantan Ketua Umum DPP GPII ini.

Karman juga mengimbau supaya tetap optimis dan mendukung supaya pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang berjalan dengan baik.

“Kepada temen-temen millennials, kita harus dukung optimisme pemerintah untuk menyelenggakan pilkada serentak 2020 nanti. Kita dukung pilkada yang aman, damai, demokratis dan sehat,” pungkas Karman dalam closing statemennya.

Hadir sebagai pembicara webinar adalah Anggota Komite 1 DPD RI, Dr. Agustin Teras Narang, SH, MH, Titi Anggraini Direktur Eksekutif Perludem dan Karman BM Direktur Al Mentra Institute. Sedangkan menurut moderator, Abhan Ketua Bawaslu RI tidak jadi hadir karena berhalangan. [mc]

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!