Nasional

TEKA-TEKI. Bocoran Calon Wakil Bupati Yang Bakal digandeng Hj.Sulianti Murad di Pilkada Banggai 2020. Siapakah Dia?


2 June 2020, 8:57
Dilihat   3.1K

Nusantarakini.com, Jakarta –

Setelah beredar informasi Hj.Sulianti Murad berhasil mendapatkan SK dari Partai Amanat Nasional (PAN), kini muncul pertanyaan siapa tokoh yang bakal digandeng sebagai calon wakil bupatinya.

Seperti kita ketahui, bila Hj.Sulianti Murad berhasil meraih dukungan dari PAN maka kemungkinan besar akan menjadi salah satu paslon yang berlaga di Pilkada Banggai 2020. Pasalnya, selain PAN yang mempunyai tiga kursi, Hj.Sulianti Murad juga memiliki empat kursi lain dari partai Gerindra. Hal ini sudah memenuhi syarat minimal tujuh kursi DPRD yang dibutuhkan.

Berdasarkan informasi, SK yang didapat Hj.Sulianti Murad ini  juga sudah dengan pasangan calon wakil bupati. “Sudah dalam format B1-KWK Parpol”, kata sumber dari internal DPP. Saat ditanya siapa nama calon wakil, sumber belum mau menjelaskan secara eksplisit. “Yang jelas dari tokoh lokal yang dikenal mempunyai integritas dan track record yang baik”, paparnya.

Bila menilik dari informasi yang selama ini berkembang di masyarakat, ada beberapa nama tokoh yang sering disebut-sebut bakal menjadi calon wakil dari Hj.Sulianti Murad.

Salah satu nama tokoh yang pernah diisukan bakal menjadi calon wakil Hj.Sulianti Murad adalah Haris Hakim. Nama dan gambar birokrat senior ini sempat beredar di medsos sebagai calon wakil mendampingi Hj.Sulianti Murad. Namun nampaknya bukan Haris Hakim yang akan secara resmi menjadi calon wakil. Hal ini berdasarkan penelusuran redaksi ke berbagi sumber internal. “Bukan dia calon wakilnya”, kata sumber di DPP.

Bila bukan Haris Hakim, tokoh lain yang mungkin digandeng adalah Samsyul Bahri Mang. Ketua Golkar Banggai ini sangat mungkin menjadi calon wakil dari Hj.Sulianti Murad. Pasalnya, Golkar yang memiliki empat kursi bakal menjadi koalisi strategis bagi Gerindra dan PAN untuk memenagkan Pilkada Banggai 2020. Namun komposisi Hj.Sulianti Murad-Obama nampaknya sulit tercapai. Pasalnya, Baik Hj.Sulianti Murad dan Obama tetap menginginkan posisi 01. “Chemistrynya gak nyambung”, kata salah satu sumber ring satu kandidat.

Nama lain yang sempat beredar jadi calon wakil adalah Sofyan Mile. Tokoh politik senior ini dikabarkan telah melakukan komunikasi intensif dengan Hj.Sulianti Murad. Komposisi Hj.Anti Murad-Sofyan Mile memang nampak janggal. Pasalnya Sofyan Mile adalah mantan bupati, butuh pengorbanan ego politik besar untuk bersedia menjadi posisi 02. Namun informasi di lapangan membenarkan adanya komunikasi intensif antara Hj.Anti Murad dengan Sofyan Mile. “Bukan untuk maju, Sofyan Mile hanya memberikan dukungan moral untuk Hj.Anti Murad untuk maju Pilkada”, papar orang dekat mereka.

Bila bukan ketiga tokoh diatas, siapa lagi tokoh yang bakal menjadi 02 dari Hj.Anti Murad?

Karena sumber informasi di Luwuk masih tertutup rapat. Redaksi berusaha melacak informasi ke sumber di Jakarta. Sumber di Jakarta juga tetap menolak untuk membuka bocoran nama calon wakil. “Pada waktunya nanti masyarakat akan tahu siapa yang menjadi 02 dari Hj.Sulianti Murad”, jawab sumber ketika dikontak via WA.

Namun demikian sumber memberika sedikit bocoran informasi soal calon 02. Sumber menyebutkan latar belakan 02 dari Hj.Anti Murad bakal berasal dari latar belakang birokrat. “Latar belakang ibu Hj.Anti Murad adalah pengusaha, akan cocok bila 02 berasal dari birokrat”, paparnya. Saat ditanya lebih lanjut soal birokrat di tingkat propinsi atau kabupaten, sumber tidak mau menjelaskan. “Yang jelas pasangan calon ini sangat ideal untuk memenangkan Pilkada Banggai 2020 ini”, jelasnya.

Siapakah dia? Mari kita tunggu perkembangan politik selanjutnya. Yang pasti peta politik di Kabupaten Banggai bakal berubah. Peta dukungan akan mengalami perubahan seiring masuknya Hj.Sulianti Murad ke gelangang Pilkada Banggai.

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!