Politik

Banyak Permintaan, LKPI-StarPoll Buka Kembali Workshop Menang Pilkada di Manado


19 February 2020, 17:53
Dilihat   5.5K

Nusantarakini.com, Manado –

Program Pilkada serentak tahun 2020 akan dilaksanakan pada bulan September 2020. Pada Pilkada sertentak 2020 ini akan diselenggarakan di lebih dari dua ratus daerah kabupaten/kota dan propinsi. Salah satu propinsi yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020 adalah propinsi Sulawesi Utara.  Selain Pilgub Sulewesi Utara, Pilkada Kabupaten akan diselenggarakan di Bolaang Mangondow Timur, Bolaang Mangondow Selatan, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Kota Bitung, Kota Tomohon dan Kota Manado.

Dalam rangka menghadapi Pilkada 2020 di Propinsi Sulawesi Utara, Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI- StarPoll) akan menyelenggarakan dua workshop sekaligus di Kota Manado. “Menghadapi Pilkada 2020 ini, kami akan mengadakan dua workshop sekaligus. Yaitu Workshop Strategi Menang Pilkada dan Workshop Metode Survei Pilkada”, papar Fikransyah, ketua panitia, sekaligus koordinator jaringan LKPI-StarPoll di Sulawesi Utara.

Acara Workshop Strategi Menang Pilkada di Manado

Rencananya Workshop Startegi Menang Pilkada ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 29 Februari 2020 di Hotel Ibis Manado. “Peserta dari workshop ini adalah para calon kepala dearah dan tim sukses. Namun demikian orang umum yang berminat juga diperbolehkan untuk mengikuti workshop ini”, Fikransyah. Menurut Fikransyah, workshop ini tidak dibuka di semua wilayah dan sifatnya terbatas. “Di Sulawesi Utara ini hanya di kota Manado dan jumlah peserta terbatas”, imbuh Fikransyah.

Saat ditanya apa saja materi workshop ini, Fikransyah menjelaskan bahwa dalam workshop ini akan dijelaskan lima strategi menang pilkada yang selama ini banyak digunakan. Dari lima strategi tersebut akan diuraikan kelebihan dan kekurangan masing-masing strategi. “Semua strategi akan dikumpas tuntas dalam workshop ini” tegas Fikransyah.

Sedangkan Workshop Metode Survei Pilkada akan diselenggarakan pada 2 Maret 2020. Workshop ini adalah workshop yang kedua diselenggarakan di kota Manado. Workshop sebelumnya diadakan di bulan Januari 2020 lalu. “Workshop Metode Survei ini kami adakan kembali karena setelah acara workshop yang pertama, banyak permintaan dari berbagai pihak untuk diadakan kembali”, papar Fikransyah. Menurut Fikransyah, materi workshop ini antara lain tentang metode pengambilan sample, pembuatan kuesioner, input dan analisis data. “Peserta langsung diajari teori dan praktek disini”, tegas Fikransyah.

Acara Workshop Metode Survei Pilkada di Manado

Berapa biaya untuk ikut workshop ini? Fikransyah menjelaskan bahwa workshop ini sangat sepadan dengan uang yang dikeluarkan peserta. Bahkan, menurut Fikransyah, ilmu yang didapat perserta jauh lebih berharga. “Sejauh ini tidak ada lembaga survei dan konsultan politik yang mau berbagi ilmu secara terbuka”, papar Fikransyah. Menurut Fikransyah, ini adalah secamam program  CSR dari lembaga LKPI-StarPoll.

Selain program workshop, LKPI-StarPoll sebenanya memiliki berbagai program pendampingan pemenangan Pilkada. Menjelang Pilkada 2020 LKPI-StarPoll meluncurkan beberapa paket program.

Paket A.

  1. Survei Pemetaan Politik sebanyak 3 kali. Program ini penting untuk mengetahui progres kerja-kerja politik di lapangan secara reguler. Survei ini dilalukan setiap 2-3 bulan sekali menjelang Pilkada
  2. TOT Pelatihan Strategi Pemenangan Pilkada bagi tim sukses
  3. Konsultasi reguler Implementasi Strategi kampanye di lapangan
  4. Pelatihan Real Count bagi tim sukses

Paket B.

  1. Survei Pemetaan Politik sebanyak 2 kali. Program ini penting untuk mengetahui progres kerja-kerja politik di lapangan secara reguler. Survei inibisa dilalukan di awal – pertengahan – akhir bulan menjelang Pilkada
  2. TOT Pelatihan Strategi Pemenangan Pilkada bagi tim sukses
  3. Konsultasi reguler Implementasi Strategi kampanye di lapangan
  4. Pelatihan Real Count bagi tim sukses

Paket C.

  1. Survei Pemetaan Politik sebanyak 1 kali. Program ini penting untuk mengetahui progres kerja-kerja politik di lapangan secara reguler. Survei ini bisa dilalukan di awal – pertengahan – akhir bulan menjelang Pilkada
  2. TOT Pelatihan Strategi Pemenangan Pilkada bagi tim sukses
  3. Konsultasi reguler Implementasi Strategi kampanye di lapangan
  4. Pelatihan Real Count bagi tim sukses

Paket D.

  1. TOT Pelatihan Strategi Pemenangan Pilkada bagi tim sukses
  2. Konsultasi reguler Implementasi Strategi kampanye di lapangan
  3. Pelatihan Real Count bagi tim sukses

Paket E.

  1. TOT Pelatihan Strategi Pemenangan Pilkada bagi tim sukses

 

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!