Nasional

Pilkada Pelalawan 2020: Figur dan Visi Yang Kuat, Sebabkan Nasarudin Meraih Elektabilitas Tertinggi


9 September 2019, 11:56
Dilihat   11.8K

Nusantarikini.com, Riau –

Kabupaten Pelalawan, Riau adalah salah satu kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020. Selain kabupaten Pelalawan, ada delapan kabupaten/kota yang juga akan menyelenggarakan Pilkada 2020. Delapan kabupaten/kota tersebut adalah kabupaten Bengkalis, Indragiri Hilir, Kepulauan Merati, Kuantan Singingi, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak dan kota Dumai.

Seperti di wilayah lain, dinamika politik menjelang Pilkada di kabupaten Pelalawan juga sudah mulai menghangat. Beberapa tokoh sudah mulai disebut-sebut akan maju di Pilkada 2020 nanti. Baik dari kalangan partai politik maupun dari jalur perseorangan.

Diantaranya nama Nasarudin, Edi Sukemi, Zukri Misran dan Husni Tamrin. Namun diantara tokoh pelalawan yang saat ini paling sering disebut-sebut adalah Nasarudin. Ia dinilai masyarakat saat ini paling layak untuk maju Pilkada 2020. Rilis dari Biro Survei Nasional beberapa waktu lalu juga menyebutkan bila Nasarudin memiliki tingkat elektabilitas tertinggi.

Berdasarkan analisis redaksi, ada beberapa faktor yang menyebabkan Nasarudin memiliki tingkat elektabilitas tertinggi saat ini.

Nasarudin Calon Bupati Pelalawan 2020

Pertama faktor figur Nasarudin yang dikenal cerdas, berpengalaman dan merakyat. Secara latar belakang pendidikan, ketua DPRD Pelalawan 2014 – 2019 ini memiliki tingkat pendidikan yang paling baik. Saat ini Nasarudin sudah meraih jenjang pendidikan S-2. Bahkan Nasarudin pernah menjadi dosen di sebuah pergurian tinggi sebagai bukti ia memiliki tingkat kecerdasan yang sangat baik. Sementara tokoh-tokoh lainya tidak memiliki latar belakang pendidikan yang jelas atau paling tinggi hanya meraih gelar S-1.

Dari segi pengalaman di pemerintahan, Nasarudin juga lebih unggul dibandingkan dengan tokoh-tokoh lainnya. Dalam karirnya, Nasarudin pernah menjalani sebagai borokrat dengan menjadi Apartur Sipil Negara (ASN). Pengalaman sebagai ASN ini jelas membuat Nasarudin sangat paham dengan aturan dan mekanisme kerja birokrasi. Apalagi dengan ditambah dengan pengalamannya sebagai ketua DPRD Pelalawan, kemampuan Nasarudin dalam pemerintahan sudah sangat matang. Pengalaman semacam ini yang tidak dimiliki oleh tokoh-tokoh lainya.

Selain itu, figur Nasarudin juga memiliki pengalaman dan jaringan yang luas di tingkat nasional. Nasarudin adalah politisi yang lahir dari aktivis gerakan mahasiswa. Sejak masih kuliah di Yogyakarta, Nasarudin sudah aktif di gerakan mahasiswa. Pengalama ini, selain mengasah kemampuan di bidang kepemimpinan, juga memperluas jaringan di level nasional.

Kemampuan jaringan nasioal Nasarudin terbukti dengan terpilihnya sebagai Ketua Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia. Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI). Pengalaman dan keluasan jaringan hingga level nasional ini tentunya sangat penting bagi seorang calon bupati. Sebab hal ini akan dibutuhkan nantinya saat melakukan lobby politik dan menarik investasi ekonomi yang dibutuhkan oleh kabupaten Pelalawan.

Selain faktor kekuatan figur, Nasarudin juga memiliki kekuatan besar pada ide dan gagasan. Hal ini tercermin dari visi yang diusung oleh Nasarudin untuk membangun kabupaten Pelalawan kedepan. Berdasarkan informasi yang diterima redaksi, Nasarudin akan mengusung visi ‘Pelalawan Maju 2020’.

Dalam visinya Nasarudin ingin membawa Pelalawan sebagai kabupaten yang Makmur, Adil, Jaya dan Unggul. Dalam visi ini Nasarudin ingin masyarakat kabupaten Pelalawan akan lebih makmur secara ekonomi. Hal ini dikarenakan kabupaten Pelalawan sesungguhnya wilayah yang memiliki potensi kekayaan yang luar biasa. Hanya saja, saat ini potensi kekayaan ini belum dikelola secara optimal.

Dalam visinya, Nasarudin juga membawa visi pola pembangunan secara adil. Pembangunan Kabupaten Pelalawan akan dilakukan secara adil dan merata di seluruh wilayah. Pembangunan dilakukan tidak hanya terkonstrasi di satu wilayah saja tetapi juga di wilayah-wilayah pinggiran yang selama ini kurang tersentuh.

Nasarudin juga membawa visi untuk membawa kabupaten Pelalawan lebih jaya. Kabupaten Pelalawan akan menjadi salah satu kabupaten paling maju di propinsi Riau. Lebih maju dalam hal ketersediaan fasilitas dan infrastruktur industri pertanian, perkebunan dan pariwisata.

Dalam visinya, Nasarudin juga akan membawa Pelalawan lebih unggul dalam hal sumber daya manusianya. Peningakatan sumber daya manusia akan dilakukan melalui peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, seni dan budaya, serta keagamaan masyarakat.

Keseriusan Nasarudin untuk maju Pilkada dengan membawa gagasan ini patut diapresiasi. Sebab dengan membawa ide dan gagasan seperti ini masyarakat akan mendapatķan pendidikan politik yang sehat. Pilkada Pelalawan 2020 diharapkan akan menjadi ajang “jual beli” ide dan gagasan bagaimana membangun Pelalawan lebih baik. Bukan sekedar menjadi ajang jual beli suara dan pencitraan semu antar kandidat.

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu