Nasional

Anda Caleg 2019 Ingin Sukses? Silahkan Ikut Sekolah Politik Ini


23 July 2018, 9:05
Dilihat   2.4K

Nusantarakini.com, Jakarta – 

Sekolah Politik Caleg 2019

Anda Caleg 2019? Baru pertama kali menjadi Caleg? Sudah beberapa kali maju Caleg tapi gagal? Atau Baru sekedar punya keinginan maju Caleg?

Kami punya solusi, Barisan Nusantara (BARNUS) bekerja sama dengan Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI-StarPoll) membuka program spesial Workshop Sehari Strategi Menang Pileg 2019.

Ada beberapa materi penting yang akan dibahas dalam Sekolah Politik ini.
Pertama, soal landasan hukum Pileg 2019. Masalah krusial yang akan dikupas disini adalah soal Parlementary Threshold (PT)  dan Metode Sainte League.  Apa konsekuensi politis dari PT (4%) ini. Banyak pihak yang bertanya apakah PT ini akan bersifat nasional atau hanya untuk tingkat DPR RI saja? Pemateri dari KPU akan menjelaskan hal ini dengan tuntas.

Pada Pileg 2019 nanti, perhitungan kursi akan menggunakan metode Sainte Legue. Pada metode ini suara sah tiap partai politik akan dibagi dengan bilangan pembagi ganjil 1,3,5,7,dst, kemudian setiap pembagian akan ditentukan peringkat berdasarkan suara terbanyak.  Bagaimana detail perhitunganya, hal ini akan dibahas tuntas oleh pemateri dari KPU.

Kedua, menyangkut pelanggaran dan sanksi dalam pemilu legislatif. Materi ini menjelaskan hal apa saja yang dilarang dalam Pileg. Hal apa saja yang dikatogorikan pelanggaran berat dan apa sanksinya. Materi ini akan dijelaskan oleh pemateri dari Bawaslu.

Ketiga adalah soal peta politik nasional dan kecenderungan perilaku pemilih pada Pileg 2019. Materi ini penting bagi Caleg 2019 agar mengetahui prediksi posisi masing-masing partai. Dengan begitu setiap caleg diharapkan bisa memahami bagaimana harus menghadapi perilaku konstituen masing-masing partai. Materi ini akan diuraikan oleh lembaga survei yang selama ini melakukan survei di berbagai daerah.

Keempat, adalah yang paling penting, yaitu bagaimana strategi meraih suara terbanyak. Dalam Sekolah Politik ini akan dipaparkan secara detail berbagai strategi yang dibutuhkan untuk memenangkan pileg 2019. Mulai dari pemetaan politik, strategi targeting suara, strategi media komunikasi, strategi membangun jaringan yang efektif dan bagaimana menyusun budgeting. Materi ini akan dibawakan oleh Konsultan Politik dari LKPI-StarPoll.

Sekolah Politik ini terbuka untuk umum dan caleg dari semua partai politik. Namun demikian agar forum ini berjalan efektif, maka jumlah peserta akan dibatasi *maksimal 30 peserta* per kelas.

Pemateri:
1. Dr. Ilham Yamin (Bawaslu RI)
2. Mashudi SR (Komisioner KPU Banten)
3. Dendy Susianto, M.IP (Direktur Eksekutif LKPI StarPoll)
4. Usep S. Ahyar, S.Sos., M.Si. (Direktur Populi Centre)
Fasilitator:
Dr. (Cand.) Yusdi Usman, M.Si. (Barisan Nusantara)

Sekolah Politik ini akan dilaksanakan, pada:
Waktu :  Sabtu, 11 Agustus 2019
Tempat : Hotel Alia CIkini, Jakarta Pusat
Kontribusi : Rp. 1.000.000/Peserta
Kontribusi ditransfer ke rek. BRI no. 2009.01.000186.30.7
a/n Barisan Nusantara
(Mohon sertakan kode 2 dibelakang nominal transfer, misalnya: Rp 1.000.002)

Registrasi Peserta
Via link : https://goo.gl/NpZUw5

Kontak Panitia
Alamat : Barisan Nusantara Jl. Bekasi Timur IX No.17, Jatinegara, DKI Jakarta 13350
Email: [email protected]
Telp/WA: 0813 8615 2086 [mc/ds]

*Advertorial

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu