Tausiah

Puasa Ramadhan (15)

Nusantarakini.com, Jakarta – 

PERHATIKAN TEMAN DUDUKMU

Siapa saja yang sering duduk (berkumpul/berteman/bersahabat) bersama 8 kelompok manusia, maka Allah akan memberinya 8 perkara :

١. من جلس مع الأغنياء زاده الله حب الدنيا والرغبة فيها

1. Barangsiapa yang sering duduk bersama ​orang-orang kaya​, Allah akan menambahkan kepadanya ​cinta dunia​ dan semangat untuk mendapatkan dunia.

٢. ومن جلس مع الفقراء زاده الله الشكر والرضا بقسمة الله تعالى

2. Barangsiapa yang sering duduk bersama ​orang-orang miskin​, Allah akan menambahkan kepadanya ​perasaan syukur dan ridha​ atas pembagian Allah.

٣. ومن جلس مع السلطان زاده الله الكبر وقساوة القلب

3. Barangsiapa yang sering duduk dengan para ​pemimpin/raja (pejabat)​, Allah akan menambahkan kepadanya perasaan ​sombong dan keras hati.

٤. ومن جلس مع النساء زاده الله الجهل والشهوة

4. Barangsiapa yang sering duduk dengan ​perempuan,​ Allah akan menambahkan kepadanya ​kebodohan dan syahwat.

٥. ومن جلس مع الصبيان زاده الله اللهو والمزاح

5. Barangsiapa yang sering duduk dengan ​anak muda/anak-anak kecil​, Allah akan menambahkan kepadanya ​lalai dan senda gurau.​

٦. ومن جلس مع الفساق زاده الله الجرأة على الذنوب والمعاصي والإقدام عليها، والتسويف في التوبة

6. Barangsiapa yang sering duduk dengan ​orang-orang fasik (gemar bermaksiat),​ Allah akan menambahkan kepadanya ​keberanian berbuat dosa dan kemaksiatan, serta semangat untuk berbuat maksiat, kemudian menunda-nunda akan taubat.​

٧. ومن جلس مع الصالحين زاده الله الرغبة في الطاعات

7. Barangsiapa yang sering duduk dengan ​orang-orang yang sholeh,​ Allah akan menambahkan kepadanya ​kegemaran dalam amalan-amalan ketaatan.​

٨. ومن جلس مع العلماء زاده العلم والورع

8. Barangsiapa yang sering duduk dengan para ulama’,​ Allah akan menambahkan kepadanya ​ilmu dan sikap waro (sangat berhati-hati dalam mengambil harta dunia)​.

*Abah Sujitno, disarikan dari Al-Imam Al-Ghazali Kitab Tanbiihul Ghaafilin. [mc]

Terpopuler

To Top