Nasional

Imbas Mengikuti Pelatihan ‘Urban Farming,’ Semangat Masyarakat Bertanam Meningkat


3 December 2017, 21:14
Dilihat   5.5K

Nusantarakini.com, Jakarta –

Pelatihan Urban Farming Angkatan ke-5 telah sukses dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 Desember 2017 keamrin. Warga ibukota dari berbagai kalangan dan pekerjaan nampak penuh semangat mengikuti pelatihan reguler Pertanian Perkotaan di SMKN 63 Pertanian Jakarta. Peserta begitu antusias mengikuti pelatihan mulai dari menggali pentingnya ‘Urban Farming’ di Jakarta, juga saat menyimak materi dan praktek bertanam sayuran dengan hidroponik hingga menanam cabai.

Riska, pemateri bertanam cabai hias, sekaligus juga merupakan guru SMKN 63 mengatakan, semua peserta di setiap angkatan selalu aktif dalam setiap sesi pelatihan.

“Termasuk pelatihan angkatan ke-5 ini, semua peserta nampak aktif dan penuh semangat, sehingga membuat kami (panitia) pun ikut semangat untuk saling berbagi ilmu,” kata Riska dalam keterangannya kepada Nusantarakini.com, Jakarta, Sabtu (2/12/2017).

Sedangkan Ibu Ida Farida, peserta dari PKK Malaka Jaya Jakarta Timur mengungkapkan, bahwa materi yang disampaikan sangat bermanfaat sekali untuk dipraktekan di rumah dan wilayahnya.

“Saya harap kawan-kawan saya yang lain bisa ikut pelatihan ini juga pada angkatan berikutnya,” ujar Ida.

Peserta yang sudah ikut dalam pelatihan ini tergabung dalam grup sosial media Alumni Urban Farming 63. Diskusi dan penerapan urban farming pun bisa terus berlanjut dan saling memberikan solusi atas tantang yang dihadapi di lapangan. Seperti Bapak Irfan Fauzi, salah satu alumni angkatan ke-4 langsung semangat mempraktekan bertanam kangkung di wilayahnya, Srengseng Sawah. Begitupun Ibu Sadiah, alumni angkatan ke-2, tanpa lelah mengembangkan pertanian perkotaan di komunitasnya dengan bertanam bibit cabai. Praktek-praktek yang sudah dilakukan ini dapat menjadi motivasi peserta lain dan juga lingkungan di sekitarnya untuk terus mengembangkan urban farming di DKI Jakarta.

Panitia memberikan kesempatan kepada masyarakat Jakarta yang berminat untuk mengikuti pelatihan urban farming ini. Kegiatan pelatihan ini gratis dan terbuka untuk semua warga Jakarta. Namun dibatasi hanya 20 peserta tiap angkatan. Pendaftaran dan konfirmasi dapat menghubungi Bang Andi Hakim melalui whatsapp ke 0813 1464 6897. [mc]

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu