Nasional

Wooww! Terjerat Skandal Sex dan Uang, Uskup Ruteng Mundur?


13 October 2017, 14:45
Dilihat   2.4K

Nusantarakini.com, 

Seorang Uskup Indonesia, Hubertus Leteng dari Keuskupan Ruteng, yang diduga menjalin hubungan intim dengan seorang perempuan dan mengambil dana gereja ditengarai telah mengundurkan diri. Bahkan dari informasi yang diperoleh, Paus Fransiskus telah menerima pengunduran dirinya.

Seperti dikutip laman Bbc.com, kendati Uskup Ruteng, Hubertus Leteng, sebelumnya telah membantah melakukan apa yang dituduhkan kepadanya, namun tanpa menjelaskan alasannya dia akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pemimpin pastoral di Keuskupan Ruteng, Rabu (11/10/2017).

BBC juga melansir, sebelumnya Vatikan telah menyelidiki laporan-laporan yang menyebutkan bahwa Uskup Hubertus Leteng secara diam-diam meminjam uang sebesar US$ 94.000 atau sekitar Rp 1,2 milyar dari Konferensi Waligereja Indonesia atau KWI. Bahkan, dia juga diduga telah mengambil uang sebesar US$ 30.000 atau sekitar Rp 400 juta dari keuskupannya.

Kendati demikian, Uskup Leteng menyatakan bahwa dana tersebut digunakan untuk mendidik kaum muda yang miskin. Hal ini seperti dalam laporan The Catholic Herald bulan Juni lalu yang mengungkapkan bahwa sebagian uang tersebut digunakan Leteng untuk membiayai seorang pemuda dari keluarga miskin yang tengah sekolah pilot di Amerika Serikat.

Bahkan, Uskup Leteng juga mengatakan bahwa tuduhan dirinya memiliki hubungan intim dengan seorang perempuan merupakan “fitnah.”

Sejauh ini Vatikan juga belum menjelaskan kenapa Uskup Leteng memilih pensiun dini. Keuskupan Ruteng juga tidak menyebutkan tuduhan terhadap Leteng saat mengumumkan pengunduran diri Leteng serta penggantinya pada Rabu (11/10/2017). Demikian seperti dikutip BBc.com. [mc]

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu